oleh

Semua Program Terealisasi, Bidang PSP Dinas Pertanian Lotim Optimis di Tahun 2021

banner 300500

Semua program kerja Bidang PSP, Dinas Pertanian Lotim telah tuntas dilaksanakan di TA 2020. Menyongsong tahun 2021, Bidang PSP akan terus berkerja keras untuk memaksimalkan realisasi program.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Lombok Timur (Lotim), Kasturi menyatakan jika semua program kerja yang ada di bidangnya di Tahun Anggaran (TA) 2020 telah selesai pengerjaannnya, baik secara fisik ataupun keuangannya di BPKAD Lotim.

“Alhamdulilah sesuai target, sesuai dengan perencanaan kita. Saat ini semua sudah selesai pengerjaannya 100 persen, baik dari segi fisik dan keuangannya,” katanya, Selasa (08/12/2020).

Sekalipun demikian, terang Kasturi dirinya sempat merasa terseok untuk merealisasikan semua program yang ada, karena Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan dari pemerintah pusat sempat dirasionalisasi guna penanganan Pandemi Covid-19. Namun di bulan Juni jelasnya, ternyata pemerintah pusat mengalokasikan kembali DAK cadangan, sehingga semua program dapat maksimal direalisasikan.

Adapun item program kerja di Bidang PSP, Dinas Pertanian Lotim yang telah tuntas pengerjaanya itu tersebar di beberapa kecamatan di Lotim berupa Sumur Dangkal, Dam Parit, Embung dan Pintu Air.

“Item pengerjaannya adalah Sumur Dangkal, Dam Parit, Embung dan pemasangan Pintu Air,” sebutnya.

Khusus untuk item sumur dangkal, Kasturi menyatakan diprioritaskan di kawasan memiliki lahan pertanian produktif, tapi rentan mengalami kekeringan di musim kemarau.

“Lokasi itu dipilih karena disaat musim kemarau rentan mengalami kekurangan air. Di Kecamatan Terara 3, di Kecamatan Keruak 3, terus di Desa Montong Tangi Kecamatan Sakra Timur 1,” imbuhnya.

Sambungya untuk per setiap 1 sumur dangkal dapat mengairi 5 hektar luas lahan, sehingga dengan 7 sumur dangkal yang telah dibangun dipastikan dapat mengairi 35 hektar luas lahan pertanian.

Atas capaian di tahun ini, dirinya pun optimis untuk TA 2021 jika pihaknya akan terus bekerja keras merealisasikan program kerja yang ada, apalagi dengan tambahan transfer DAK ke Dinas Pertanian Lotim yang cukup signifikan di TA 2021.

“Pada 2021 Alhamdulillah karena pelaksanaaan DAK kita cukup bagus, 2021 kita mendapat tambahan DAK dari 3,4 M menjadi 7,4 M DAK. Itu nanti kegiatan kita sama untuk sumber-sumber air dan mendukung Komando Strategi Pertanian (Konsta Tani) di tingkat kecamatan. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT