oleh

Optimalkan Lahan Kering, Dinas Pertanian akan Bangun Jaringan Pipa

banner 300500

Dinas Pertanian Lotim mendapat dana pembantuan dari provinsi untuk memasang jaringan perpipaan guna optimalisasi lahan kering di Pringgabaya, ditargetkan per jaringan mampu mengairi 25 hektar dan dipastikan indeks produksi petani meningkat jika pekerjaan hal itu rampung dan berjalan optimal.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dinas Pertanian Lombok Timur melalui Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) direncanakan akan menerima dana pembantuan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB guna optimalisasi produksi lahan kering melalui sistem jaringan perpipaan.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang PSP pada Dinas Pertanian Lotim, L. Kasturi, optimalisasi lahan kering melalui sistem jaringan perpipaan itu akan dilakukan di Pringgabaya, mengingat daerah itu memiliki sumber air dan potensi lahan kering yang begitu luas.

“Secara eksisting potensi lahan kering yang ada di Pringgabaya 3,8 ribu hektar, dan sudah ada 72 sumur air dalam (P2AT) yang telah dibangun BWS,” terang dia, Selasa (06/07/2021).

Lanjut dia, debit air dari sumur P2AT itu 20 liter/detik, dan nanti akan diupayakan untuk terkoneksi dengan jaringan perpipaan ke setiap luasan hektar lahan kering. “Kita interkoneksi dengan jaringan perpipaan, minimal yang harus diairi itu 25 hektar dan ada box air pembagi di setiap hektarnya,” ujarnya.

Masih kata dia, jika jaringan perpipaan itu telah terpasang, maka indeks produksi dan produktivitas petani di wilayah itu akan alami peningkatan signifikan, lantaran masa kali tanam akan berubah, dari 1 kali per tahun menjadi 2 sampai 3 kali per tahunnya.

Dikatakan dia lagi, nanti setelah jaringan perpipaan itu rampung maka akan diberikan pengelolaannya kepada kelompok, adapun saat ini kelompok belum ditentukan, karena Dinas Pertanian Lotim masih melakukan Polygon jaringan.

“Nanti kita SK-kan per kelompok, kita akan serahkan dan nanti akan jelas di atas hitam putih, apa yang menjadi kewajiban mereka,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT