oleh

Mutasi! Dinas Sosial Ganti Nahkoda, 5 Pejabat Turun Kelas

banner 300500

Mutasi kembali terjadi di lingkup Pemda Lotim. Tidak kurang dilakukan pengukuhan dan penyegaran pada 282 jabatan eselon ll, lll dan lV. Cukup menyita perhatian, nahkoda dinas sosial diganti, padahal posisi itu belum terlalu lama dijabat oleh pejabat lama, serta adanya 5 pejabat yang dinyatakan demosi.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Bupati Lombok Timur, M. Sukiman Azmy kembali melakukan mutasi di lingkup birokasi Pemerintah Daerah Lotim. Pada gelombang mutasi kali ini tidak kurang 282 pejabat dirotasi, antaranya 6 orang pejabat tinggi pratama eselon ll, 57 pejabat administrator dari eselon lll dan 219 pejabat eselon lV.

Selain rotasi, terdapat juga pengukuhan pejabat pada jabatan baru, lantaran terdapat perubahan nomenklatur Permendagri yang mengatur terkait posisi jabatan sebelumnya.

“Jadi hampir 2/3 itu pengukuhan, selanjutnya ada rotasi yang bertujuan untuk memperkuat tim kerja di masing-masing OPD,” kata Sekda, M. Juani Taofik seusai pelantikan, Selasa (25/05/2021).

Diakui Taofik, dalam mutasi ini, terdapat juga 5 pejabat yang demosi (turun tingkat eselon, red). Adapun alasan terjadinya demosi itu merupakan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk perbaikan administrasi. “Kami akui ada 5 orang demosi, yang semula di eselon lll harus turun ke eselon lV,” imbuh Sekda.

Masih kata dia, mutasi dilakukan guna memperkuat tim kerja di setiap OPD, dan memantapkan kinerja birokasi Pemda Lotim yang lebih baik dalam rangka membantu tugas dari kepala daerah. “Tuntutan publik begitu dahsyat maka birokasi harus menyesuaikan,” sebut Taofik.

Adapun beberapa pejabat eselon ll yang dikukuhkan dan dirotasi pada mutasi kali ini adalah antara lain M. Zaidar dikukuhkan menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Mahsin dilantik dan menjabat Kepala Dinas Sosial yang sebelumnya menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesehatan Rakyat, Hariadi Surenggana menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan.

Kemudian yang cukup menyita perhatian sosok Bq. Farida yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial, kali ini dirotasi dan dilantik menjadi staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, L. Dami Ahyani menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Mahsyur dilantik menjadi Staf Ahli Bupati Lotim Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Pada jabatan administrator eselon lll terdapat beberapa pejabat yang mendapat perhatian lebih dalam pelantikan hari ini, diantaranya Mustafa yang menjabat Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa yang sebelumnya menjabat Kabag Organisasi, M. Rozikin menjabat Kabag Administrasi Pembangunan yang sebelumnya menjabat Kabag Pengadaan Barang dan Jasa.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sendiri dilakukan berdasarkan Protokol Kesehatan Covid-19, sehingga mengharuskan dilakukan pada tiga tempat berbeda. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT