oleh

Didemo Mahasiswa Lagi, Sekda: Pemda Lotim Senafas dengan Konstitusi

banner 300500

Aliansi mahasiswa kembali gelar aksi demontrasi menuntut sikap dari Pemda Lotim terhadap tindakan zionis Israel terhadap Palestina. Sekda yang menemui massa aksi menyatakan jika Pemda Lotim tetap memegang teguh konstitusi.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Patuh Karya Memanggil Untuk Palestina menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Lotim

Sebelumnya beberapa kalangan dari mahasiswa Lotim juga menggelar aksi yang sama, yakni untuk menuntut Pemda Lotim agar bersikap jelas dan tegas memberi dukungan terhadap kebebasan Palestina dari genggaman zionis Israel.

Koordinator Umum (Kordum) Aliansi Patuh Karya Memanggil Untuk Palestina Ade Putra Kurniawan menerangkan, Indonesia sebagai negara berdaulat harus memberi kepedulian yang penuh terhadap Palestina. Hal itu juga termaktub dalam Undang Undang Dasar 1945.

“Sesuai dengan UUD 1945 bahwa kemerdekaan di atas dunia harus di hapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” tegasnya, (25/05/21)

Dia mengingatkan, Bangsa Indonesia juga jangan sampai lupa kalau Palestina merupakan salah satu Negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Hal itulah yang membuat massa aksi mendesak supaya Pemda Lotim dalam hal ini harus bersikap tegas.

“Maka dari itu kami mendesak Pemda Lotim menyatakan sikap secara tegas untuk mengutuk tindakan zionis Israel terhadap Palestina,” terangnya.

Sebagaimana yang dilakukan Pemda Lombok Tengah, dirinya juga meminta supaya seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemda Lotim untuk berdonasi bagi Palestina.

Seruan dukungan dan dorongan juga digemakan oleh massa aksi, agar Pemda Lotim lebih proaktif membela Palestina. Bukan hanya dengan tindakan-tindakan normatif saja.

Melihat permintaan dari massa aksi tersebut, Pemda Lotim melalui Sekretaris Daerah H. M. Juaini Taofik mengatakan, masing-masing Pemerintah Daerah mempunyai cara tersendiri untuk membela Palestina dari kekejian zionis Israel.

“Karena dalan konstitusi juga sudah ditulis, kalau penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Kita juga punya kekuatan civil socety di sini yang tentunya siap membela saudara-saudara kita di Palestina,” ujarnya.

Sekda juga mengapresiasi karena aksi solidaritas kemanusiaan untuk Palestina ini tetap menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes), untuk memangkas penyebaran Covid-19.

Maka dari itu, Ia menegaskan Pemda Lotim dalam hal ini tegak lurus untuk ikut serta mendukung pembebasan Palestina dari tindakan yang tidak berperikemanusiaan yang dilakukan oleh zionis Israel.

“Menyatakan secara eksplisit bahwa Pemda Lotim ikut mengutuk kebiadaban Isarel di Bangsa Palestina,” ucap Taofik sembari mengatakan supaya perdamaian bisa secepatnya terealisasi di atas muka bumi ini. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT