oleh

Menyoal Bongkar-Pasang Pejabat di Lombok Timur

banner 300500

MENYOROTI mutasi yang dilaksnakan oleh Nakhoda Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmi yang terkesan trah D R S (Dari Rumbuk Saja) dan seolah-olah mengesampingkan capabilty berbagai jenis dan karakter SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki.

Bagaimana Lombok Timur akan membuat lompatan jika SDM yang di tempatkan adalah bukan ahlinya?

Sungguh miris ditengah pandemi dan harapan Pemerintah untuk bergerak cepat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, Bupati Lombok Timur justru menempatkan SDM yang terkesan sangat “lamban” dalam bekerja.

Dalam satu tahun ini, Pemerintah Daerah sudah melakukan perombakan sebanyak dua kali, ada yang naik jabatan, ada juga yang turun jabatan, serta tukar posisi jabatan. Hal ini sangat baik untuk membantu menjaga stabilitas politik Kabupaten Lombok Timur. Namun kebijakan ini juga bobrok, jika orang-orang yang ditempatkan pada posisi ini tidak sesuai dengan bidang dan keahliannya. Seperti misal pada posisi paling riskan, posisi UKPBJ (Unit Kegiatan Pengadaan Barang Jasa), paling tidak pernah duduk di PPK (Pejabat Pembuat Komitmen).

Kalau Bupati H. M. Sukiman Azmi mau membangun Lombok Timur, seharusnya jangan coba-coba memakai SDM yang tidak jelas. Terlebih, Pak Bupati Lombok Timur ini mau begitu gencar melakukan sosialisasi bahwa, ia ingin berkarir di Provinsi. Tapi dalam melakukan kebijakan-kebijakan di Lombok Timur kerap offside, pongah dalam mengambil kebijakan dalam mengatur kondusifitas Lombok Timur. Dalam sekala kecil Kabupaten saja tidak dapat dipercaya, apalagi dalam sekup wilayah yang lebih luas.

UKPBJ ini adalah salah satu bagian dari Sekertariat Daerah yang urusannya paling vital. Bagaimana pembangunan bisa berjalan kalau yang duduk di sana tidak memiliki kemampuan komunikasi, koordinasi, integritas dan pengalaman, minimal pernah menjadi PPK. Juga memiliki Sertifikat Nasional Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Minimal dia memiliki pengalaman di bidang Pengadaan Barang dan Jasa, sehingga secara sistematik, dia tahu apa yang harus dia lakukan.

Lombok Timur memiliki jumlah penduduk terpadat dibandingkan dengan Kabupaten lainnya di NTB. Rakyat Lombok Timur menaruh harapan besar pada mereka yang tentunya dapat mengelola dan menjalankan tugas mereka dengan baik. Kalau Pak Bupati terus-menerus melantik pejabat yang tidak kompeten dalam bidangnya, akan menambah citra buruk dan kesengsaraan bagi masyarakat Lombok Timur.

Pak Bupati, sudahilah membalas jasa politik, ini sudah tahun ketiga anda memimpin Lombok Timur. Pilih dan angkat mereka yang memiliki kapasitas, kapabilitas, dan keilmuan dalam bidangnya. Jangan karena kedekatan, tim, ataupun keluarga, anda dengan semena-mena mengangkat siapapun yang anda inginkan. Kalau kebodohan itu terus-menerus anda pertontonkan dan berkeinginan menghancurkan Kabupaten Lombok Timur ini, maka baiknya, Anda mengundurkan diri saja.

Penulis: Hasan Gauk (Sekertaris DPP Kasta NTB)

BERITA TERKAIT