oleh

Pemda Lotim Pinjam 100 M, Bina Marga Siap Eksekusi

banner 300500

Pemda Lombok Timur mengusulkan pinjaman 100 M kepada PT SMI. Pinjaman itu akan fokus digunakan untuk perbaikan sarana infrastruktur jalan, irigasi dan alat kesehatan RSUD. Sebagai salah satu prioritas, bidang Bina Marga PUPR sangat siap menyiapkan perencanaan, karena semua ruas jalan status kabupaten telah terinput di database.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy menyatakan jika pihaknya telah mengajukan pinjaman dana segar kepada PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Malahan terangnya proses pinjaman Pemda Lombok Timur pada PT SMI itu, tinggal menunggu proses pencairan saja.

“Kemarin Pak Sekda ke Jakarta untuk melakukan finishing dalam rangka pencairan itu, mudah-mudahan pada bulan April semua sudah clear,” kata Sukiman sesuai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Kamis (01/04/2021).

Ditegaskan Sukiman, awalnya Pemda Lombok Timur merencanakan akan mengajukan pinjaman 200 M, tetapi setelah dilakukan beberapa pertimbangan dan perincian, maka usulan pinjaman hanya setengahnya saja.

“Kita usulkan pinjaman itu 100 M, tidak jadi 200 M,” paparnya.

Nantinya kata dia, dana pinjaman 100 M itu akan dipergunakan untuk infrastruktur, utamanya jalan dan irigasi serta untuk memenuhi kebutuhan peralatan medis di rumah sakit daerah.

Terkait dengan prioritas penggunaan dana pinjaman itu, ditemui di tempat terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur, Lalu Kurnia Darmawan menegaskan pun nantinya dana itu akan dianggarkan untuk perbaikan jalan, maka pihaknya tentu sangat siap.

“Semua ruas jalan yang SK bupati (jalan kabupaten) siap dikerjakan, karena updating data dilakukan dan kita punya database untuk itu,” sebut Kurnia.

Masih kata Kurnia, karena semua telah terinput di database, kapanpun program pekerjaan itu akan dimulai maka pihaknya tentu akan siap dalam menyiapkan perencanaan. “Jika jelas nanti nggaran itu ada, kita akan respon cepat perencanaannya,” tegasnya.

Disinggung terkait pekerjaan 9 ruas jalan yang total panjangnya 20,78 km di beberapa titik pada bidangnya yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Kurnia menegaskan jika semua berjalan baik dan ditargetkan selesai tepat waktu.

“Pekerjaan semuanya sesuai dengan time schedule yang sudah ada, progres pekerjaan fisik di lapangan berjalan lurus,” ucapnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT