oleh

Database Mantab, Bina Marga Siap Eksekusi Perintah Bupati

banner 300500

 

Panjang ruas jalan yang butuh pembenahan di Lotim 325 km. Jika ada perintah dan alokasi anggaran untuk pembenahan, maka Bina Marga siap untuk bekerja, dan akan dilaksanakan berdasar database yang telah valid.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lombok Timur, L. Kurnia Darmawan menyatakan pihaknya sangat siap menindaklanjuti instruksi Bupati dalam membenahi infrastruktur ruas jalan di Lombok Timur.

“Sistem kita sudah siap, kita sudah memiliki database seluruh ruas jalan yang didasarkan SK Bupati, panjang keseluruhan ruas jalan yang menjadi intervensi kabupaten seluruhnya itu 1.018, 835 km,” katanya di ruang kerja, (24/08/2021).

Masih lanjut dia, dari keseluruhan panjang ruas jalan itu, 67,57 persen dalam kondisi mantap, dan 32,43 dalam kondisi butuh penanganan, dengan kategori rusak ringan dan berat.

Berdasarkan kondisi riil infrastruktur ruas jalan yang terinput pada database itu, jika dilakukan komparasi perihal persentase kemantapan ruas jalan di Lotim, jika dibandingkan antara tahun 2018 hingga 2021 (sepanjang rezim Sukma, red), maka terjadi peningkatan kualitas yang signifikan, sebab dikatakan dia perhatian pimpinan daerah sangat besar terhadap kualitas jalan.

“Kualitas jalan kita alhamdulilah peningkatan, di tahun 2018 persentasenya kemantapannya 47,84 dan di tahun 2021 ini 67,57 persen,” paparnya.

Lanjut dia, jika dilakukan pembenahan total terhadap sisa ruas jalan yang 32,43 persen, maka alam membutuhkan anggaran yang cukup besar, sebab per setiap 1 km, membutuhkan dana Rp 2,5 M.

“Kalau dihitung dalam satuan meter, 32,43 persen itu berarti 325 km. Itu kalau dimantapkan total maka dibutuhkan dana sekitar Rp 800 M lebih, karena per 1 km itu butuh Rp 2,5 M,” ujarnya dan menyebut sebagai pembantu pimpinan jika diperintah oleh pimpinan dengan alokasi anggaran yang memadai, maka dengan sistem dan SDM yang ada di bidangnya siap untuk melaksanakan itu.

“Intinya kita siap, jika ada perintah dan alokasi anggaran untuk pembenahan jalan itu, maka langsung kita akan kerjakan,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT