oleh

Dishub Gandeng Pihak Ketiga Kelola Objek Parkir

banner 300500

 

Dishub Lotim resmi kelola semua objek parkir mulai tahun 2022. Adapun skema pengelolaan akan dikontrakkan dengan pihak ketiga.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dinas Perhubungan Lombok Timur di tahun 2022 akan mengelola seluruh objek parkir yang sebelumnya dikelola oleh beberapa dinas terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan dan Badan Pendapatan Daerah. Langkah itu dilakukan oleh Dishub berdasarkan Perda Lombok Timur Nomor 10 tahun 2016, dan Perbup yang mengatur teknis pengelolaan parkir di bawah kendali Dishub.

Dikatakan oleh Kepala Bidang Hubungan Darat pada Dishub Lombok Timur, Iskandar. Mekanisme pengelolaan parkir di bawah Dishub akan dikontrak kerjakan dengan pihak ketiga untuk satu tahun anggaran. Adapun objek parkir itu terdiri antara lain pasar, destinasi wisata dan Puskesmas Non-BLUD.

“itu kita lakukan berdasarkan amanat Perda dan Perbup. Karena sebelumnya, DPRD kalau menanyakan tentang parkir pasti ke Dishub, padahal tidak semua dikelola oleh Dishub,” katanya di ruang kerja, Senin (29/11/2021).

Masih kata Iskandar, sampai saat ini sudah lebih dari 20 pihak ketiga telah mengajukan permohonan kontrak, di mana ditekankan dia kepastian pihak ketiga yang dinyatakan memenuhi syarat menjadi pihak ketiga pengelola parkir akan diumumkan nanti sebelum akhir bulan Desember.

“Syarat bagi pihak ketiga harus memiliki badan usaha, dilengkapi dengan KTP, KK, NPWP dan permohonan penawaran. Itu nanti kiya umumkan sebelum 25 Desember,” jelasnya.

Dijelaskan olehnya juga, untuk menetapkan standar yang akan dijadikan sebagai nilai kontrak, pihaknya melakukan uji petik hingga lebih dari satu kali pada satu objek, sehingga dirinya mengklaim pihak target PAD yang dibebankan kepada Dishub ataupun keuntungan bagi pihak ketiga dapat tercapai.

“Kita uji petik lebih dari 3 kali di satu objek, lalu kita bandingkan lagi dengan hasil uji petik tahun lalu. Itu yang kita jadikan dasar nilai kontrak,” sebutnya. (Pin)

BERITA TERKAIT