oleh

Festival Dongdala Desa Pringgasela Selatan Sukses Digelar

banner 300500

Dalam rangka melestarikan budaya yang ada di desa Pringgasela Selatan kecamatan Pringgasela, Kelompok Pemerhati Wisata Budaya desa Pringgasela Selatan menggelar Festival Dongdala.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kegiatan Festival Dongdala yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu (27/11) dan Minggu (28/11) yang bertempat di Bebalek Bambu belakang kantor desa Pringgasela Selatan ini sukses digelar.

Ketua Panitia Festival Dongdala, Nizar Azhari menjelaskan kegiatan Festival ini baru pertama kali diadakan di desa Pringgasela Selatan. Festival ini terlaksana berkat kerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui programnya yang bernama Daya Desa.

“Program Daya Desa ini berlangsung selama 6 bulan, selama 6 bulan itu kita sudah mulai mengenali / menggali potensi yang ada di desa Pringgasela Selatan dan ini adalah even puncak dari program ini” tutur Nizar saat dikonfirmasi di sela-sela acara Festival pada Minggu (28/11).

Dijelaskan Nizar dipilihnya nama Dongdala dalam festival ini karena menurut beberapa istilah bahasa Sasak, kata Dongdala memiliki arti keberagaman yang unik. Sebagaimana diketahui asal usul masyarakat desa Pringgasela Selatan berasal dari tiga Keturunan yaitu keturunan Tanaq Gadang, keturunan Sumbawa dan keturunan Masbagik.

Pada awalnya kegiatan Festival Dongdala ini di agendakan selama 3 hari mulai dari hari Sabtu (27/11) sampai dengan Senin (29/11). Menurut Nizar seharusnya pada hari Sabtu rencananya hanya pembukaan disertai Pameran Budaya, Nyiru Jaja Bjangkongan, dan demo membatik. akan tetapi karena ada konfirmasi dari pusat bahwa akan ada perwakilan Kemendikbud akan datang ke Festival Dongdala ini, sehingga untuk menampilkan yang maksimal ketika utusan tim dari Kemendikbud itu datang, beberapa kegiatan di hari-hari berikutnya di gabung menjadi satu pada hari pembukaan.

“Karena kunjungan dari perwakilan pusat hanya berlangsung satu hari, dengan melihat itu kita yang awal rencananya 3 hari di gabung menjadi 2 hari” terangnya.

Dengan suksesnya penyelenggaraan Festival Dongdala ini, selaku ketua panitia Nizar berencana mengagendakan kegiatan festival tersebut menjadi even tahunan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pringgasela Selatan.

“Harapan kami pemuda Pringgasela Selatan dengan adanya Festival Dongdala Budaya ini, kami akan mempunyai dasar yang kuat untuk mengembangkan dan mempertahankan potensi-potensi budaya yang ada di Pringgasela Selatan sehingga untuk kedepannya Festival Dongdala ini harus tetap diadakan” tutupnya. (*)