oleh

Dinas Perindustrian Lotim Beri Bantuan Bagi Pelaku IKMA

banner 300500

Dinas Perindustrian Lombok Timur berikan pendampingan dan bantuan dana kepada pelaku IKMA di 21 kecamatan. Diharapakan juga akan lahir IKMA-IKMA baru agar dapat memacu ekonomi masyarakat. Selain itu, dinas juga nantinya optimis jika akan mampu melahirkan BUMD baru yang dapat menyumbangkan PAD bagi daerah.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Dinas Perindustrian Lombok Timur, M. Zainuddin menuturkan pihaknya telah melakukan pendampingan dan pemberian bantuan stimulan dana dan Diklat kepada 21 Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), yang tersebar di seluruh kecamatan di Lombok Timur

“Sesuai dengan tupoksi kami di dinas, kami telah berikan perhatian bagi 21 kelompok. Baik itu industri makanan, busana, tekstil, dan lainnya,” kata dia di kantornya, (28/04/2021).

Masih kata Zainuddin, sumber bantuan pendanaan bagi 21 IKMA itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dengan jumlah yang variatif satu dengan yang lainnya.

“Rp.1 Milyar lebih untuk dana stimulan diberikan kepada IKMA, jumlahnya variatif, tergantung bidang usahanya. Kalau mesin las tentu lebih mahal dibanding dengan membuat jajanan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan jika Dinas Perindustrian Lombok Timur saat ini juga membawahi 3 Unit Pelaksana Teknis (UPT), diantaranya UPT Pengolahan Garam di Kecamatan Keruak, UPT Pengolahan Logam di Kotaraja dan UPT Pengelolaan Kopi di Sembalun.

Kedepan harap dia, dirinya selaku kepala dari dinas yang baru dibentuk, akan mampu menghasilkan pusat dan kegiatan industri-industri baru yang berkontribusi bagi kemandirian ekonomi masyarakat. Bahkan dikatakan Zainuddin juga, bukan hal mustahil dinas yang dipimpinnya mampu melahirkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru yang dapat berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Bukan tidak mungkin kami bisa melahirkan BUMD baru. Kami punya mesin, kami punya sumber daya manusia. Jika didukung dengan modal, tentu itu akan bagus untuk mengoptimalkan potensi PAD bagi daerah,” harapnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT