oleh

PAW Usai, Pilkades Menanti, DPMD: Calon Kades Divaksin Dulu

banner 300500

DPMD Lotim telah merampungkan proses PAW di beberapa desa. Kali ini DPMD tengah menyiapkan pelaksanaan Pilkades serentak, bahkan hari H telah dipastikan. Dipastikan Pilkades akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, bahkan disepakati juga semua kontestan calon kepala desa, terlebih dahulu akan divaksin Covid-19.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Timur, M. Hairi menerangkan dari 6 desa yang melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) 5 desa telah telah merampungkan prosesnya, bahkan terdapat kepala desa hasil PAW yang telah dilantik.

“5 sudah selesai. Desa Sikur Selatan, Rempung dan Batuyang sudah pelantikan. Desa Anjani dan Rensing SK-nya sudah selesai, tinggal pihak desa yang menentukan hari H pelantikan,” katanya, Rabu (14/04/2021).

Masih katanya, untuk Desa Banjarsari akan dilakukan PAW, Kamis (15/04). Dari itu ia berharap prosesnya berjalan lancar. “Besok Desa Banjarsari PAW, kita berharap semua berjalan aman dan kondusif,” imbuhnya.

Ditanyakan terkait persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 29 desa di Lombok Timur, yang sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19. Hairi dapat memastikan jika pelaksanaannya nanti pada (28/07).
“Pilkades serentak di 29 desa yang akan dilakukan pada tanggal 28 Juli,” paparnya.

Dijelaskannya, pihaknya dengan semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak itu telah melakukan koordinasi dan menyatukan persepsi terhadap aturan dan petunjuk teknis Pilkades agar tidak terjadi multi tafsir.

“Kita sudah konsolidasi untukmenyamakan pemahaman terkait aturan agar tidak bermakna ambigu,” sebutnya. Saat ini jelasnya, pihak desa dipersilakan membentuk tim teknis dan pengawas, serta diharapakan juga tim itu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk segera di SK-kan oleh Bupati Sukiman. “RAB itu sesuai dengan jumlah pemilih,” katanya.

Masih kata dia, pelaksanaan Pilkades serentak itu dipastikan dilaksanakan berdasar protokol kesehatan yang ketat, bahkan tegasnya, telah disepakati jika semua kontestan calon kepala desa terlebih dahulu akan divaksin Covid-19 sebelum hari Pilkades.

“Ada syarat tambahan jika semua calon kepala desa itu divaksin terlebih dahulu,” ucapnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT