oleh

RSUD Soedjono Gratiskan Operasi Anak Penderita Bibir Sumbing

banner 300500

 

RSUD Soedjono gratiskan 30 anak penderita bibir sumbing untuk jalani operasi. Setelah sebelumnya terjalin kerjasama dengan Yayasan Senyum Harapan dan Fakultas Kedokteran UGM.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soedjono Selong terus melakukan terobosan untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Lombok Timur. Terakhir RSUD Soedjono melakukan operasi gratis bibir sumbing bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dikatakan oleh Kepala Sub Baguna Humas dan Hukum, RSUD Soedjono, Rahmat, kegiatan itu telah dilakukan sejak dua tahun lalu, setelah sebelumnya pihak RSUD Soedjono menjalin kerjasama dengan Yayasan Senyum Harapan dan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM), di mana hal itu dilatarbelakangi oleh banyaknya penderita bibir sumbing di Lombok Timur.

“Semua pasien gratis. Kita mulai sejak 2 tahun lalu karena banyaknya kasus ditemukan oleh dokter spesialis bedah mulut RSUD Soedjono, sehingga diinisiasi perlunya kerjasama dalam penanganan kasus itu,” kata dia, Jumat (12/12/2021).

Masih kata dia, operasi bibir sumbing itu sendiri akan dilakukan selama dua hari dan ditargetkan menyasar 30 anak penderita, di mana sebelum proses operasi dimulai dilakukan proses screening. “Hari ini kita baru operasi 11 anak, target kita 30 anak, kita lanjutkan besok,” imbuhnya.

Dikatakan olehnya juga, dalam proses operasi itu, melibatkan tidak kurang dari 30 tenaga kesehatan yang terdiri dari beberapa dokter spesialis pada beberapa bidang, perawat, asisten perawat dan konsultan yang berasal dari internal RSUD Soedjono, Yayasan Senyum Harapan, dan Fakultas Kedokteran UGM.

“Jumlah tenaga medis yang terlibat berjumlah sekitar 30 orang yang terdiri dari dokter ahli bedah mulut, dokter anestesi, penata anestesi, perawat asisten dan dokter konsultan,” sebutnya. (Pin)

BERITA TERKAIT