oleh

Penambahan Armada BPBD dan Damkar-mat Lotim Jadi Prioritas di Tahun 2022

banner 300500

 

Armada BPBD dan Damkar-mat alami keterbatasan. Hal itu menjadi perhatian dan akan menjadi prioritas eksekutif dan legislatif di tahun 2022.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lombok Timur yang tugasnya menyangkut tanggap darurat yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar-mat) diketahui mengalami keterbatasan armada operasional.

Belum lagi diketahui bersama, kedua OPD itu dalam tahun ini masing-masing armadanya telah mengalami kecelakaan yang bahkan mengakibatkan korban jiwa, di samping tentu semakin akibat kecelakaan itu mengurangi jumlah armada yang bisa dan laik digunakan dalam memberi layanan bagi masyarakat di situasi darurat.

Menindaklanjuti itu, Bupati Sukiman Azmy mengakui jika armada yang ada saat ini adalah aset lama, dan dalam waktu dekat keterbatasan armada itu tidak bisa untuk diatensi lebih jauh, karena terkendala oleh kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan untuk itu. Dari itu dikatakan dia, pihaknya saat ini lebih fokus untuk peningkatan keterampilan personel dari masing-masing OPD tersebut.

“Tugas kita adalah bagaimana memfasilitasi agar mereka punya keterampilan untuk memelihara aset-aset tua itu, setelah saya analisis kemarin terkait kecelakaan itu, bukan karena kendaraannya, tapi keterampilan pada pengemudinya,” kata Bupati Sukiman, (13/09/2021).

Lebih jauh dikatakan olehnya, hal itu pasti akan menjadi perhatian pada tahun anggaran 2022, dan menjanjikan pengadaan armada baru bagi dua OPD itu akan menjadi prioritas. “Jadi nanti setelah normal di tahun 2022, kita akan penuhi semuanya, dan itu menjadi prioritas,” tegasnya.

Ketua DPRD Lotim, Murnan pun mengamini jika keterbatasan armada itu terjadi bahkan disampaikan oleh dia, hal itu telah ia ketahui sejak tahun sebelumnya, sehingga kondisi itu berpengaruh terhadap kinerja dari personel yang tidak maksimal.

“Kekurangan armada itu jelas akan mempengaruhi tugas mereka kalau dibanding dengan luas wilayah,” katanya.

Dari itu, dikatakannya jika Pemda menjadikan pengadaan tambahan armada bagi OPD itu, maka pihaknya di legislatif akan mendukung penuh, karena itu merupakan kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi. “Kalau pemerintah menjadikan itu prioritas, sudah barang tentu kami akan jadikan itu prioritas,” tandasnya. (Pin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT