oleh

Wujudkan SPAB, Damkar-mat Lotim Gelar Bimtek Pencegahan Dini Bencana

banner 300500

Dinas Damkar-mat Lotim gelar Bimtek pencegahan dan penanggulangan bencana di SDN 3 Pancor. Diharapkan satuan pendidikan lain segera lakukan hal sama untuk realisasi SPAB.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar-mat) Lombok Timur terus berupaya membentuk masyarakat yang tanggap bencana (kondisi darurat, red). Kali ini, pihak Damkar-mat Lotim melakukan pembinaan teknis (Bimtek) pencegahan dan penanggulangan kebakaran di SDN 3 Pancor.

Kepala Bidang Pencegahan pada Dinas Damkar-mat Lotim, Athar sangat menyambut baik kegiatan itu. Menurutnya kegiatan Bintek terkait hal itu sangat penting dilakukan dengan menyasar anak-anak sedini mungkin, agar secara psikologis siap menghadapi jika terjadi bahaya atau bencana (kebakaran, red).

“Kegiatan ini penting sejak dini dilakukan bagi anak-anak kita. Dengan kegiatan ini kami harapkan anak-anak kita siap secara mental, dan harus melakukan apa ketika terjadi kebakaran,” katanya di sela kegiatan, Jum’at (08/10/2021).

Masih kata dia, pada prinsipnya pelaksanaan Bimtek kepada anak usia sekolah merupakan amanat dari Permendikbud No. 33 tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), dari itu dikatakan pihaknya dan satuan pendidikan harus bersinergi dalam mewujudkan tujuan dari aturan tersebut.

“Kami tentu berterimakasih kepada jajaran SDN 3 Pancor atas terselenggaranya Bimtek ini, karena ini amanat aturan yang sudah ada,” tegas dia.

Terkait itu, dikatakannya Dinas Damkar-mat berharap secepatnya Bimtek dapat dilaksanakan pada satuan pendidikan lainnya, dan berpesan kepada jajaran satuan pendidikan untuk segera melakukan rapat internal dan langsung berkoordinasi dengan pihaknya agar memfasilitasi jalannya kegiatan.

“Kami harap juga satuan pendidikan lain melakukan hal serupa, dan kami siap memfasilitasinya, jadi bagi para kepala sekolah, komite dan pihak terkait segera musyawarah, dan langsung koordinasi dengan Damkar, kami siap fasilitas,” tandasnya. (Pin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT