oleh

Naik Penyidikan, Pekan Depan Kejari Lotim Periksa Saksi Dugaan Tipikor Dermaga

banner 300500

Kejari Lotim menaikkan status hukum dalam penanganan dugaan kasus Tipikor terkait pengerukan kolam labuh dermaga Labuhan Haji. Pekan depan para pihak yang telah dijadikan saksi akan dimintai keterangan secara maraton.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Timur (Lotim) setelah melakukan pendalaman materi perkara selama kurang lebih1 bulan terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) pada pekerjaan pengerukan kolam labuh di dermaga Labuhan Haji pada tahun 2016 silam.

Kepala Kejari Lotim, Irwan Setiawan menyatakan pihaknya sudah menaikkan status hukum pada penanganan perkara dari tahap penyelidikan ke penyidikan, karena pihaknya telah mengantongi dua alat bukti, di tambah juga sebelumnya telah dilakukan klarifikasi pada beberapa pihak terkait.

“Kami sudah menaikkan status penanganan pada kasus pengerukan Labuhan Haji dari Lidik ke Sidik, karena kami sudah memiliki dua alat bukti,” kata Irwan di ruangan kerjanya, Rabu (03/02/2021).

Sambungya dugaan Tipikor ini bermula ketika terdapat proyek pekerjaan dengan Pagu anggaran 38 miliar, namun tidak dilaksanakan, sehingga dilakukan proses penyelidikan. Dikatakannya juga, terdapat dugaan kerugian negara sebesar 7 miliar lebih.

“Kita angkat kembali karena ada dugaan pekerjaan yang tidak dilaksanakan dengan pagu anggaran 38 miliar, sementara dugaan kerugian negara sekitar 7 milyar lebih,” ucapnya.

Untuk mengetahui secara persis mengenai kerugian negara dalam hal itu, Irwan menyatakan telah mengirim surat permohonan audit ke Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi NTB.

“Kami juga telah meminta audit ke BPKP secara tertulis kemarin tanggal 1 hari Senin,”jelasnya.

Irwan juga menyatakan pihaknya mulai pekan depan (13/02) akan memanggil para saksi secara maraton untuk dimintai keterangan lebih lanjut guna di dalami keterlibatannya.

“Kita sudah meminta klarifikasi beberapa pihak yang terkait beberapa waktu lalu, karena statusnya naik ke Sidik makanya Senin depan kita akan meminta keterangan sebagai saksi,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT