oleh

Total 9 Paket Pekerjaan Siap Kontrak, 14.641 Meter Irigasi akan Direhab

banner 300500

Bidang Pengairan, Dinas PUPR Lotim terbilang cepat dalam melelang paket pekerjaan yang dananya bersumber dari DAK 2021. Total 9 paket sudah dilelang dan pada Februari akan dikontrak kerjakan, dan diestimasi masa pengerjaannya 5 bulan, dengan panjang pekerjaan 14.641 Meter.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Bidang Pengairan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lombok Timur (Lotim) dapat dikatakan sangat cepat dalam menyusun rencana pekerjaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pengairan, Dinas PUPR Lotim, Sosiawan Putraji, ST., MT., ketika diwawancarai menyatakan langkah pengajuan lelang yang sangat cepat itu bisa dilaksanakan karena sebelumnya pihaknya telah melakukan perencanaan matang pada Tahun Anggaran (TA) 2020 dan telah dilakukan Rapat Kerja (RK) dengan Kementerian PUPR, sehingga hasilnya langsung dilaporkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Setelah selesai pembahasan RK DAK, dengan kementerian melalui zoom meeting, maka itu sudah menjadi kegiatan yang valid, maka kita langsung laporkan ke TAPD dan mengambil langkah lelang dini, karena apa yang akan dilelang sudah direncanakan sebelumnya di tahun sebelumnya,” kata Putraji di ruang kerjanya, Rabu (27/01/2021).

Adapun jumlah pekerjaan yang ada di bidang itu sebanyak 9 paket pekerjaan, dengan rincian 8 rehabilitasi untuk jaringan irigasi dan 1 embung. Saat ini semua paket pekerjaan itu telah melalui proses lelang di Unit Lelang dan Pengadaan (ULP) Setda Lotim, dan akan diusahakan pada Februari mendatang sudah siap untuk dikontrak kerjakan dengan pihak rekanan.

“Semua paket itu rehab, karena memang kita banyak mengalami kerusakan jaringan primer, diantaranya
rehabilitasi jaringan irigasi Rungkang dengan panjang jaringan 2.186 Meter yang bertempat di Desa Gelora, Kecamatan Sikur dan Desa Kesik, Masbagik, kemudian jaringan Kondak sepanjang 2.785 Meter di Desa Lepak dan Surabaya, Kecamatan Sakra Timur, lalu jaringan irigasi Renga dengan panjang 855 Meter di Desa Mamben Daya, Wanasaba,” jelasnya.

Putraji melanjutkan, “kemudian selanjutnya rehabilitasi jaringan irigasi Camek yang panjangnya 2000 Meter di Desa Pesanggarahan, Montong Gading, jaringan irigasi Beleong di Kelurahan Suryawangi dan Desa Banjar Sari dengan panjang jaringan 2.760 Meter, lalu jaringan Meloang di Desa Toya, Kecamatan Aikmel dengan panjang 1.655 Meter, kemudian akan dikerjakan irigasi Gege lll di Desa Jenggik Utara dan Perian Kecamatan Montong Gading dengan panjang 890 Meter dan irigasi Rugah di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik dengan panjang 1.100 Meter,” imbuhnya.

Selain rehabilitasi 8 jaringan irigasi tersebut, 1 pekerjaaan lagi adalah rehabilitasi embung, yaitu Embung Tridaya yang berlokasi di Desa Jenggik, Kecamatan Terara dengan panjang 410 Meter.

Dari semua pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi primer dan embung itu, total keseluruhan mencapai panjang 14.641 Meter dengan estimasi daya jangkau salur seluas 1.811 Hektar.

“Total panjang jaringan irigasi yang akan direhabilitasi oleh Dinas PUPR dengan DAK tahun ini sepanjang 14641 Meter. Adapun hitung-hitungan areal yang akan diairi oleh jaringan itu seluas 1811 Hektar,” ucapnya.

Disampaikan Putraji, total nilai anggaran pekerjaan yang sumbernya dari DAK 2021 itu berjumlah Rp. 18,5 Milyar, termasuk juga untuk biaya penunjang Detail Engineering Design (DED) dan UKL/UPL untuk pekerjaan TA 2022 mendatang.

Paparnya juga, semua paket pekerjaan itu ditargetkan memakan masa waktu pengerjaan selama 5 bulan, atau nanti pada bulan Juli 2021. Ditegaskan Putraji juga, di dalam proses pengerjaan nanti akan diutamakan sumber daya lokal, utamanya untuk tenaga kerja dan material bangunan.

“Target pengerjaan 9 paket itu 5 bulan ke depan, Juli kita harap selesai. Kita sosialisasi pra konstruksi di sini, dan nanti pengawas akan door to door ke masing-masing titik agar menemui Kades dan Kawil, dengan tujuan untuk menyerap potensi lokal baik itu tenaga kerja atau material,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT