oleh

RSUD Soedjono Resmi Punya UTD, Kebutuhan Darah Diharap Bisa Terpenuhi

banner 300500

Peringatan hari donor darah digelar di RSUD Soedjono. Acara itu juga dirangkai dengan peresmian UTD, di mana ditargetkan setelah beroperasi maksimal UTD itu akan mampu mendukung PMI untuk memenuhi kebutuhan darah rumah sakit di Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Peringatan Hari Donor Darah sedunia di Lombok Timur diperingati di RSUD dr. R. Soedjono Selong. Acara itu sendiri dihadiri langsung oleh Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy didampingi oleh Direktur RSUD Soedjono, dr. Tantowi Jauhari, Sp.B dan beberapa Kepala OPD terkait.

Selain itu, peringatan itu juga dirangkai juga dengan peresmian Unit Transfusi Darah (UTD). Di mana diterangkan oleh Direktur RSUD Soedjono, UTD yang diresmikan itu mampu mentransfusi 20 kantong darah per hari.

“UTD kita mampu transfusi darah 20 kantong darah setiap hari karena menyangkut ketersediaan ruangan,” katanya, Minggu, (13/06/2021) seraya menyatakan jika jumlah itu bisa lebih jika ruangan khusus untuk UTD rampung direnovasi. “Ruangan kita saat ini masih direnovasi,” imbuhnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh dr. Tantowi, dengan kemampuan UTD saat ini hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan internal RSUD Soedjono, tetapi kedepan sebut dia, setelah fasilitas (ruangan khusus, red) dan pendukung lainnya maka ditargetkan UTD itu akan mampu menyuplai kebutuhan darah rumah sakit lainnya di Lombok Timur.

“Kita baru bisa memenuhi kebutuhan internal dulu. Nantinya pasti bisa untuk mendukung PMI dalam menyuplai kebutuhan darah rumah sakit yang lainnya,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT