oleh

Pj Bupati dan Kadis Dikbud Tinjau Langsung Kondisi Bangun Sekolah Eks Gempa

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id – Pj Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik memberikan perhatian khusus terhadap kondisi bangunan SDN 2 Batuyang Kecamatan Pringgabaya yang rusak parah setelah diguncang gempa di tahun 2018 silam. Pj Bupati pun bersama dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) turun langsung mengecek kondisi bangunan sekolah tersebut. (25/10).

Diketahui sebagian besar bangunan SDN 2 Batuyang ini rusak parah setelah diguncang bencana gempa. Kondisi itu mengharuskan para siswa harus belajar di hunian sementara (Huntara) selama bertahun- tahun. Meski telah berulang kali diusulkan perbaikan namun belum kunjung terealiasi. Persoalan ini juga menyebabkan jumlah siswa di sekolah tersebut menurun drastis.

Dikesempatan itu Pj Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik mengegaskan bahwa perbaikan sekolah ini akan menjadi prioritas di tahun 2024 mendatang. Anggaran untuk perbaikan sekolah ini akan menggunakan dana alokasi umum (DAU) pendidikan yang diarahkan ” Insyaallah Pemda Lotim akan segera merenovasi sekolah ini,” janjinya.

Pembangunan sekolah tersebut terang dia akan dilakukan secara bertahap. Perbaikan di tahap pertama akan diprioritaskan terhadap semua ruangan kelas belajar (RKB) yang memang kondisinya rusak parah supaya para siswa bisa belajar dengab nyaman ” Untuk untuk ruangan guru, perpusakaan dan bangunan yang lainya akan menyusul ” terangnya.

Besarang anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan RKB sebutnya diperkirakan sebesar Rp 1,7 miliar yang akan dialokasikan melalui APBD 2024 mendatang. Anggaran tersebut sebelumnya memang direncanakan untuk membiayai kegiatan yang lain. Namun karena melihat kondisi bangunan sekolah yang cukup memperihatinkan, maka anggaran tersebut dialihkan untuk ke pendidikan.

“Perbaikan sekolah ini sebelumnya telah kita usulkan ke BNPB. Tapi karena melihat kondisi sekolah seperti maka akan kita perbaiki sendiri ” terang dia .

Pengerjaan sekolah ini diupayakan akan mulai dilalukan di Maret 2024 mendatang. Sehingga di memasuki ajaran tahun baru sekolah tersebut sudah rampung dikerjakan ” Kita tarhetjan pengerjaan akan tuntas dalam jangka waktu empa bulan. Kita berharap semuanya berjalan lancar sehingga sekolah ini akan menerima siswa baru yang lebih banyak seperti tahun sebelumnya ” tutupnya. (Pin)