oleh

Lomba Desa Jilid ll, Warga Desa Darmasari Tetap Produktif di Tengah Pandemi

banner 300500

Desa Darmasari menjadi wakil Kecamatan Sikur dalam Lomba Desa jilid ll. Dihadiri oleh Sekda dan unsur lainnya, Kepala Desa Darmasari menegaskan di tengah Pandemi, warga desanya tetap produktif, karena ditopang oleh sektor peternakan yang dikelola dengan baik melalui BUMDes. Di sisi lain ditegaskan pula, tidak ada alasan bagi warga Desa Darmasari tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Karena semua kebutuhan untuk itu telah diberikan pihak desa, melalui penganggaran terukur dari Dana Desa.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Rangkaian Penilaian Lomba Desa jilid ll tingkat Kabupaten Lombok Timur terus bergulir. Kali ini giliran Desa Darmasari yang merupakan wakil dari Kecamatan Sikur dinilai oleh tim panelis Lomba Desa.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas DPMD, seluruh unsur dari Forkopimca Kecamatan Sikur dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Sikur.

Dalam sambutanya Sekda Lombok Timur, Juaini Taofik menyatakan jika dirinya menilai Satgas Covid-19 Desa Darmasari telah berjalan baik, sebab ditegaskannya ketersediaan fasilitas cuci tangan, handsanitizer dan rumah isolasi cukup memadai di desa itu.

Dikatakannya juga, masyarakat harus produktif dan tidak boleh takut di tengah Pandemi Covid-19, khusus untuk Darmasari, dirinya berharap sektor peternakan yang menjadi potensi utama desa itu dijalankan maksimal.

“Sekalipun kita masih di tengah Pandemi, kita harus tetap produktif. Kita tidak boleh takut. Peternakan di desa ini harus dikembangkan,” tegasnya, Senin (06/04/2021).

Di panggung yang sama, Camat Sikur, Lalu Putra menyampaikan, seyogyanya pihaknya dalam hal ini tidak semata-mata menargetkan juara dalam pelaksanaan Lomba Desa. Tapi tegasnya, yang lebih penting dari itu adalah perubahan pola pikir bagi Aparatur Pemerintahan Desa dan masyarakat secara umum.

“Kami tidak memperhitungkan juara. terpenting adalah dampaknya terhadap perubahan mindset masyarakat,” jelasnya.

Masih kata Putra, hal yang patut ia banggakan selaku camat kepada Kepala Desa Darmasari adalah keberhasilannya dalam menekan angka kriminalitas, dan penyalahgunaan narkoba di Darmasari. Lebih-lebih itu dicapai dengan optimalisasi potensi desa berupa peternakan dalam memberdayakan masyarakat.

“Patut kami banggakan, desa ini bisa merubah Kamtibmas menjadi lebih baik. Desa ini juga berhasil menjadi agen dalam mengentaskan pengguna narkoba, dengan mengoptimalkan potensi yang ada,” ungkapnya.

Senada dengan yang telah disampaikan sebelumya, Kepala Desa Darmasari, Muksin mengutarakan jika dalam pelaksanaan Lomba Desa ini dirinya akan membuktikan kepada masyarakat luas, jika warga desanya tetap produktif di tengah Pandemi Covid-19, dengan menggerakkan sektor peternakan.

“Kami ingin buktikan, sekalipun ada Pandemi dan ekonomi terganggu, warga kami di sini alhamdulilah masih bisa bertahan dengan beternak,” katanya.

Masih kata dia, sektor peternakan merupakan sektor utama dalam visinya yang harus dikembangkan dirinya selaku kepala desa, dan itu dikonsepkan dikelola oleh BUMDes, untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih merata.

“Dulu keamanan kurang di sini. Ternyata mereka pejalan malam (pencuri,red) mau diperhatikan. Mereka mau beternak, dan BUMDes adalah wadah yang kami sediakan untuk itu,” paparnya

Lanjutnya, pun nanti desa yang dipimpinnya berlanjut ke tahapan berikutnya dalam lomba ini, Muksin mengaku siap, karena dikatakannya, sejauh ini pihaknya telah membentuk Satgas Covid-19 Desa, melaksanakan langkah-langkah aktif dan telah menganggarkan penanganan Covid-19 dari Dana Desa (DD) sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Satgas Desa telah kami bentuk sejak awal terjadinya Covid-19 di Lombok Timur, tahun 2020 lalu, kami lakukan imbauan agar warga mentaati protokol kesehatan, dan kami juga sudah anggarkan dari DD untuk itu. Kita siap,” serunya.

Masih lanjutnya, tidak ada alasan bagi masyarakat desanya untuk tidak mematuhi protokol kesehatan, sebab terangnya, semua fasilitas untuk itu baik masker, media cuci tangan dan lainnya telah diberikan pihaknya kepada seluruh masyarakat.

“Fasilitas itu telah kami anggarkan dari DD. Dari itu masyarakat kami tidak ada alasan untuk tidak mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT