oleh

KUR Lotim Berkembang Diadopsi Nasional, Berikut Manfaatnya Bagi Peternak!

banner 300500

Dinas Peternakan dan Keswan nilai Program ‘Lotim Berkembang’ semakin meyakinkan. Diketahui program itu diadopsi oleh Kementan RI untuk diterapkan secara nasional, karena progres dan manfaat dari program itu sangat baik, maka diharapkan peternak segera untuk mengajukan diri menjadi penerima KUR Lotim Berkembang.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lombok Timur, drh. Achsanul Nasirul Huda menyatakan jika Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Lotim Berkembang (Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa Bunga) memasuki triwulan ketiga tahun ini menandakan capaian yang sangat baik.

Dikatakan dia, sejak diluncurkan 26 September 2020 lalu, hingga saat ini Program Lotim Berkembang telah direalisasikan kepada 2.746 peternak, di mana ditaksir sekitar Rp 40 M telah disalurkan oleh pihak perbankan.

“Peningkatkan cukup signifikan dari akhir tahun lalu. Saat ini sudah Rp 40 M disalurkan pihak bank,” kata dia di ruang kerjanya (30/06/2021).

Masih kata dia, dengan jumlah peternak dan dana perbankan yang telah terkucur itu, Pemda Lotim telah membayarkan kredit sejumlah Rp 2,8 M, artinya setengah dari pagu anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 5 M.

“Kita tentu harapkan peternak yang belum untuk segera mengajukan KUR ini, karena pola ini sangat bagus,” ulasnya seraya menyatakan jika SDM Dinas Peternakan dan Keswan Lotim di 10 UPT Puskeswan yang ada siap untuk membantu proses verifikasi faktual hingga realisasi KUR dari perbankan ke peternak.

“Jadi per orang itu diberikan subsidi bunga Rp. 900 ribu, potongan bunga 6 persen dan subsidi asuransi ternak, pendampingan berkala dari UPT. Bahkan sampai pasar hewan kami akan temani,” bebernya.

Dijelaskan juga dengan pola KUR Lotim Berkembang ini, Pemda Lotim dapat lebih luas membantu masyarakat, pasalnya jika Pemda memberi bantuan bibit sapi dengan jumlah anggaran Rp 2,8 M itu, maka hanya dapat menyalurkan 139 bibit sapi, sehingga ia katakan wajar jika Program Lotim Berkembang diadopsi oleh Kementerian Pertanian RI untuk diterapkan secara nasional mengingat sasaran dan dampak positifnya yang luas.

“Program Lotim berkembang akan diadopsi Kementan RI melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan diterapkan secara nasional,” paparnya dan berharap bagi masyarakat untuk segera berkonsultasi ke pihaknya dan langsung mengajukan KUR Lotim Berkembang.

“Jadi tujuan KUR Lotim Berkembang ini untuk menciptakan peternak mandiri, memberantas rentenir dari peternak dan tentu menghilangkan kemiskinan,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT