oleh

Kasus Covid-19 Melonjak, Ketersediaan Tempat Tidur dan Oksigen di RSUD Soedjono Aman

banner 300500

Direktur RSUD Soedjono jamin ketersediaan tempat tidur dan oksigen memadai untuk penanganan pasien Covid-19.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Ditemui seusai rapat Paripurna DPRD Lombok Timur, Plt. Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong, dr. Tantowi Jauhari, Sp.B menyatakan sejak terjadi lonjakan kasus Covid-19 dua pekan terkahir, kapasitas tempat tidur dan ketersediaan oksigen di RSUD Soedjono mencukupi.

Dikatakan dia, hal itu bisa terjadi karena pihaknya melakukan beberapa terobosan, di antaranya melakukan konversi hingga 50 persen dari total 350 tempat tidur yang ada bagi pasien Covid-19. Di samping itu, untuk menjaga ketersediaan stok oksigen, ia mengaku jika pihaknya melakukan efesiensi penggunaan oksigen di saat pelayanan bagi pasien.

“Kita lakukan konversi sehingga 50 persen ketersediaan tempat tidur dan untuk oksigen, per hari kita maksimal gunakan 80 tabung dan 500 liter oksigen liquid. jadi kita lakukan efisiensi dan kombinasi” katanya, Rabu (18/08/2021).

Masih katanya, selain melakukan efisiensi, pihaknya juga memastikan jika distribusi oksigen ke RSUD Soedjono berjalan lancar, sebab terkait hal itu langsung dikendalikan oleh Satgas Penaggulangan Covid-19 Provinsi NTB. Dari itu dia memastikan ketersediaan oksigen aman hingga 8 hari kedepan.

“Jadi insya Allah untuk 8 hari kedepan stok oksigen liquid kita aman, karena sekali angkut 1,2 ton, dan untuk tabung setiap hari datang,” paparnya.

Sehingga atas hal itu, pihaknya membantah telah terjadi kelangkaan oksigen di RSUD Soedjono, sebab diakuinya selama ini ketersediaan oksigen cukup, sekalipun dia tidak berani mengatakan surplus.

“Alhamdulilah sejauh ini tidak pernah kita alami kekurangan. Kita tidak bisa katakan stok surplus. Itu jatah kita, makanya kita harus lakukan efisiensi agar cukup,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT