oleh

Karyawan PDAM Ditekankan Berbasis Kinerja, Pelanggan Harus Senang!

banner 300500

Direksi PDAM Lombok Timur di tahun 2021 akan fokus menata manajemen. Kedepan karyawan PDAM akan ditekankan pada layanan berbasis kinerja, untuk mewujudkan itu dilakukan pelatihan di internal dan eksternal, reposisi di beberapa tempat dan untuk memudahkan pelanggan telah dilakukan kerjasama dengan beberapa pihak.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Direktur Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur, Suhirman, S.Sos menyatakan di tahun 2021 ini jajaran direksi akan fokus menata manajemen di tubuh perusahaan daerah itu, untuk itu instrumen-instrumen guna mendukung target itu akan diatur dalam peraturan direksi.

“Saat ini kita fokus untuk menata manajemen administrasi kemudian tata kelola teknis. Untuk itu kita akan godok di peraturan direksi,” katanya di ruang kerjanya, Selasa (09/03/2021).

Lanjut dia, untuk mensukseskan niatan itu, maka saat ini direksi akan fokus terhadap peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) PDAM yang berjumlah 191 orang. Dari itu telah dilakukan pelatihan internal dan kerjasama dengan pihak eksternal.

“Kita juga sudah ada undangan dari BPKP untuk peningkatan kapasitas SDM kita di bidang akunting,” ucapnya.

Selain dengan pelatihan, tegas Suhirman pihaknya juga telah melakukan reposisi bagi karyawan di beberapa tempat. Hal itu selain dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas, juga karena adanya karyawan baru pengganti dari karyawan yang telah purna tugas.

“Kami lakukan reposisi, dari itu mereka harus beradaptasi dan meningkatkan kapasitasnya,” serunya.

Reposisi yang dilakukan itu tegasnya guna menciptakan iklim baru di jajaran PDAM Lombok Timur, yaitu pelayanan yang berbasis kinerja berdasarkan aturan dan target yang telah ditetapkan.

“SDM yang terbatas harus mencapai potensi yang besar. Intinya setiap individu itu dibebankan target kerja yang harus dicapai,” ujarnya.

Suhirman juga menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan perbankan dan pihak jasa penyedia aplikasi yang telah bekerjasama dengan Indomaret dan Alfamart agar mempermudah pelanggan PDAM yang berjumlah 28 ribu untuk melakukan pembayaran online dengan menggunakan kode id-pelanggan.

“Kami dan Bank Mandiri dalam waktu dekat akan mulai meluncurkan online payment, jadi pelanggan kita bisa melakukan pembayaran melalui m-banking,” tuturnya.

Diharapakan nantinya setelah dilakukan terobosan-terobosan itu, jajaran PDAM bisa memberikan pelayanan maksimal dan pelanggan puas dengan apa yang didapatkan. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT