oleh

Insan Pers Lotim Gelar Aksi Solidaritas Buntut Pembunuhan Wartawan di Sumut

banner 300500

Insan pers Lotim gelar aksi solidaritas atas tragedi pembunuhan wartawan di Sumatera Utara. Dari itu insan pers Lotim mendesak kepolisian segera mengungkap kasus itu, sebab hal itu akan menjadi preseden buruk bagi kebebasan pers di Indonesia.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Sebagai bentuk rasa keprihatinan terhadap tindakan pembunuhan yang menimpa seorang wartawan media online yang terjadi di Simalungan, Sumatra Utara (Sumut), Wartawan Lombok Timur menggelar aksi solidaritas guna menuntut pihak kepolisian untuk segera mengungkap kasus itu.

“Kasus ini menjadi tugas berat aparat, namun harus segera diungkap siapa pembunuhnya. Sebab, dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, seorang wartawan mendapat perlindungan hukum saat menjalankan tugas profesinya sebagai wartawan,” kata Syamsurrijal selaku Ketua Forum Wartawan Media Online Lombok Timur.

Dari itu, dirinya meminta kepada pihak kepolisian, khususnya Polda Sumatera Utara untuk segera mengungkap motif dari kasus itu, bahkan dikatakan dia intervensi lebih jauh dari Kapolri sangat dibutuhkan, untuk menjamin jalannya supremasi hukum dan kebebasan pers di Indonesia.

“Untuk menjamin supremasi hukum dan kebebasan pers, tindakan tegas harus dipastikan. Bila perlu Kapolri harus turun tangan,” imbuhnya.

Masih kata dia, kasus yang terjadi di Sumatera Utara itu merupakan tanda bahaya terhadap keberlangsungan kehidupan pers dan demokratisasi di Indonesia. “Adanya kasus ini adalah alarm jika kehidupan pers di negeri kita tidak baik-baik saja. Kepolisian harus segera mengungkap itu,” tutupnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT