oleh

FJP yang Digagas FJLT Bergulir, Dikbud NTB Harap Digelar Reguler

banner 300500

Gelaran FJP mulai bergulir, acara yang diinisiasi oleh FJLT, STP Mataram dan KFI Lotim itu dimulai dengan workshop fotografi jurnalistik di SMKN 1 Sakra, berikutnya akan dilaksanakan juga di zona berbeda. Acara itu dianggap penting untuk promosi pariwisata, bahkan KCD Dikbud NTB berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara reguler.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT), Sekolah Tinggi Parawisata (STP) Mataram dan Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Lombok Timur melakukan kolaborasi dalam gelaran Workshop Fotografi Jurnalistik tingkat SMA/Sederajat se-Lombok Timur.

Acara itu sendiri digelar dengan sistem zona dengan waktu berbeda. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah akses tempuh peserta, dan bertujuan untuk mengurangi kerumunan, mengingat saat ini Pandemi Covid-19 masih terjadi seperti di daerah lainnya.

Adapun titik digelarnya acara itu yaitu zona selatan yang dipusatkan di SMKN 1 Sakra, zona tengah dipusatkan di SMKN 2 Selong dan zona timur yang akan terpusat di SMKN 1 Aikmel.

Dalam sambutannya Ketua Panitia, Fatih Qudus Jaelani menyampaikan bahwa kegiatan Festival Jurnalistik Pariwisata (FJP) tersebut merupakan wadah bagi para siswa-siswi untuk menyalurkan bakat jurnalistik, baik itu dalam penulisan berita maupun foto jurnalistik.

“Nantinya karya para siswa-siswi ini akan kita buat menjadi sebuah buku ensiklopedia pariwisata. Dengan adanya buku tersebut nantinya untuk promosi pariwisata Lombok Timur,” kata Fatih di saat pembukaan workshop FJP perdana di SMKN 1 Sakra, Sabtu (13/03/2021).

Menyambung sambutan dari ketua panitia, Kepala STP Mataram, Dr. Halus Mandala mengaku terkesan dan menyambut baik FJP yang diinisiasi oleh FJLT, tegasnya, acara semacam itu akan berdampak positif terhadap promosi pariwisata NTB, khususnya bagi Lombok Timur sendiri, sehingga harus digalakkan di semua tingkatan.

“Ini sangat baik sekali, semoga acara seperti ini tidak hanya di Lombok Timur saja, akan tetapi juga bisa dilaksanakan di tingkat provinsi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dikbud NTB Lombok Timur, H. Mashun M.Pd mengaku pihaknya sangat mendukung kegiatan serupa untuk kembali digelar pada SMA/Sederajat di bawah naungannya. Malahan ia menantang FJLT untuk itu, dan pihaknya siap untuk mengambil peran.

“Sekali waktu FJLT bisa membuat program khusus terkait tentang ini dan bekerjasama dengan lembaga lainnya, dan kami siap untuk diajak mengambil sikap tentang program itu,” serunya.

Lanjut Mashun, dirinya juga berharap FJLT dapat menjadi salah satu pihak yang bisa mengambil peran untuk mengambangkan orientasi siswa SMA/Sederajat di Lombok Timur, sebab menurut dia media sangat berpengaruh untuk itu. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT