oleh

Dikes Sasar Lansia Jadi Prioritas Penerima Vaksin, Camat Diminta Pro-aktif

banner 300500

Dikes Lombok Timur menjadikan Lansia sebagai prioritas sasaran vaksinasi Covid-19. Bahkan ditetapkan satu pekan kedepan 4000 Lansia telah divaksin, dari itu diharapkan Camat dapat mengkoordinir unsur Forkopimca lainnya agar pro-aktif dalam mendapat dan mencapai jumlah sasaran Lansia yang telah ditargetkan.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Vaksinasi Covid-19 bagi kelompok rentan seperti lanjut usia (Lansia) di Lombok Timur saat ini tergolong rendah, dari itu Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan semua Kepala Puskesmas yang ada di Lombok Timur

Kepala Dikes Lombok Timur, Pathurahaman yang ditemui di Pendopo Bupati di sela kegiatan Rakor menyatakan jika, hal itu dilakukan guna menyiapkan strategi dalam suksesi pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok umur Lansia.

“Setelah rapat koordinasi dengan Kapolda, Bupati dan Kapolres, kami langsung melakukan rapat koordinasi dengan semua kepala Puskesmas dalam rangka menyusun satu strategi” kata Pathurahaman (22/04/2021).

Masih lanjut Pathurahaman, tidak sebatas itu, pihaknya juga mengaku telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Camat, agar semua kecamatan di Lombok Timur searah persepsi dan gerakannya dalam melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing. “Pasti kita juga kerjasama dengan Camat, Kapolsek dan Danramil untuk membantu sasaran vaksinasi,” jelasnya.

Disinggung mengenai target Lansia yang akan divaksinasi oleh Dikes, ia menyebut jika dalam satu pekan kedepan ditargetkan 4000 sasaran Lansia bisa tervaksinasi. “Ditargetkan satu pekan angka 4.000 tersebut dapat dicapai, dan saya yakin dan optimis dengan adanya kerjasama dan kebersamaan,” tegas dia.

Senada dengan apa yang dikatakan Pathurahaman, Camat Sakra, Subhan, S.H., yang ditemui seusai pelaksanaan Rakor, menyatakan jika pihaknya di Kecamatan Sakra siap mendukung terealisasinya target yang ditetapkan oleh Dikes di wilayahnya.

Terlebih lanjut Subhan, berdasarkan data per (22/04), Kecamatan Sakra merupakan yang tercepat melakukan vaksinasi bagi kelompok Lansia di Lombok Timur. “Di Kecamatan Sakra target sasarannya 232, tapi alhamdulillah sudah divaksin 304 Lansia,” kata dia seusai pelaksanaan Rakor.

Dalam hal itu lanjut dia, kuncinya adalah komunikasi dan pendekatan kepada masyarakat, akan pentingnya vaksinasi, terutama bagi Lansia selaku kelompok rentan.

“Kita lakukan pendekatan dan edukasi bagi masyarakat, misal saat penerimaan Bansos, kita sisipkan di sana pesannya,” bebernya seraya menyatakan jika pihaknya juga rutin keliling ke 12 desa di wilayahnya dalam rangka sosialisasi pentingnya vaksinasi bagi para Lansia. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT