oleh

Angkutan Umum Diimbau Isi Penumpang 50 Persen Selama PPKM

banner 300500

Dishub Lotim mengimbau kepada angkutan umum selama penerapan PPKM Darurat Imbangan untuk mengurangi jumlah penumpang per sekali rate maksimal 50 persen.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Pemerintah Daerah Lombok Timur (Lotim) menerbitkan keputusan untuk memberlakukan PPKM Darurat Imbangan tertanggal 14 Juli sampai 2 Juli 2021. Selama PPKM itu berjalan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) di Lotim disarankan untuk mengangkut penumpang hanya 50 persen.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perhubungan Lotim, Purnama Hadi, (15/07/2021). Menurut dia, penerapan PPKM Darurat Imbangan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dengan melakukan pembatasan jumlah penumpang di setiap angkutan serta menerapkan protokol kesehatan.

“Kapasitas penumpang dalam setiap angkutan sebanyak 50 persen. Setiap penumpang dan sopir diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak selama dalam perjalanan,”tegasnya.

Disinggung terkait potensi kerugian dialami oleh organda, Dishub memastikan itu tidak akan terjadi. Pasalnya, keberadaan 200 lebih Organda di Kabupaten Lotim sebagian besar merupakan miliki pribadi dan jumlah penumpang saat ini menurun drastis seiring dengan semakin tumbuhnya kendaraan pribadi masyarakat.

Purnama Hadi menuturkan, penerapan PPKM Darurat Imbangan di Lotim tidak hanya memeriksa setiap orang yang datang dari luar Lotim ataupun membubarkan kerumunan orang di luar ketentuan. Melainkan juga mengatur jumlah penumpang dalam angkutan umum sebanyak 50 persen dari jumlah normal. Aturan ini diberlakukan selama PPKM darurat imbangan di Kabupaten Lotim.

“Jika ada kebijakan yang terbaru dari pemerintah. Tentunya akan ada penyesuaian regulasi lagi,” pungkasnya. (Cr-Pin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT