oleh

Siapkan Program Khusus, Sandi: Santri Harus Berperan Kembangkan Wisata Religi

banner 300500

Menteri Sandi kunjungi YPH PPD NWDI Pancor guna resmikan wisata religi Hamzanwadi. Santri diharap berperan lebih dalam pengembangan wisata religi, dari itu disiapkan program khusus bagi santri untuk meningkatkan kompetensi.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandi Salahuddin Uno melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Pulau Lombok. Kali ini ia mendatangi Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Darun Nahdlatain (YPH PPD) NWDI Pancor, guna meresmikan wisata religi Hamzanwadi, yakni komplek Makam TGKH Zainuddin Abdul Madjid.

Dalam sambutannya, Menteri Sandi menegaskan konsep wisata religi harus mampu berkontribusi terhadap peningkatan daya ekonomi masyarakat, di mana diharapakan kaum santri mengambil peran penting dalam proses aktivitas dan pengembangan wisata religi.

“Kami ingin wisata religi diisi oleh santri,” katanya, Jumat (05/11/2021).

Masih lanjut sosok yang mencalonkan diri menjadi Cawapres pada Pemilu 2019 lalu itu, pihaknya di Kemenkraf telah melakukan terobosan agar santri bisa mengambil peran vital dalam konsep pengembangan wisata religi, salah satunya melalui Program Santri Digital Trainer, dari itu ia berharap di tahun 2022 santri YPH PPD NWDI Pancor bisa ikut serta dalam program tersebut.

“Kami punya program santri digital trainer, yakni untuk melatih santri membuat konten 3D, seperti podcast dan lainnya. Tahun 2022 nanti, kami harap santri dan santriwati kita di sini bisa ikut serta,” pesannya.

Selain itu, dirinya juga berpesan kepada para santri untuk lebih inovatif, menguasai teknologi dan berani berwirausaha, karena produk Indonesia (halal, red) memiliki pangsa pasar yang luas, khususnya di kawasan Timur Tengah.

“Kami tentu berharap santri kita bisa menjadi pengusaha yang sukses hingga ke luar negeri, seperti contoh di Abu Dhabi. Kuncinya berani berwirausaha dan kuasai teknologi,” tekannya. (Pin)

BERITA TERKAIT