oleh

PSC 119 RSUD Soedjono Beroperasi, Masyarakat Diminta Unduh Aplikasi

banner 300500

PSC RSUD Soedjono telah diresmikan. Nantinya fasilitas itu akan memudahkan masyarakat untuk mendapat layanan kegawatdaruratan yang mendesak.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Public Safety Center (PSC) 119 RSUD dr. R. Soedjono akhirnya diresmikan tepat pada peringatan HUT Lombok Timur yang ke 126. Dijelaskan oleh Direktur RSUD Soedjono, dr. Tantowi Jauhari, Sp.B keberadaan PSC 119 itu akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan dan penanganan kegawatdaruratan dengan cepat, sebab pada prinsipnya PSC 119 adalah jembatan untuk itu.

“Jika ada masyarakat alami atau melihat kecelakaan, maka langsung saja hubungi 119, tinggal difoto lokasinya, nanti dari sini akan dipandu untuk segera mendapat perawatan di fasilitas medis terdekat dari lokasi kejadian,” kata dr. Tantowi, Selasa (31/08/2021).

Dari layar PSC 119, lanjut dr. Tantowi langsung dapat diketahui ketersediaan tempat tidur, darah, dan lainya. Sehingga apabila terdapat rujukan dari Puskesmas atau rumah sakit tipe C, dapat langsung diberikan informasi secara valid. Di mana dikatakan dia, operator PSC stundby 24 jam untuk memberikan penanganan. “Operator, tenaga medis, keperawatan, bagian humas dan tenaga pendukung lainnya stundby di sini 24 jam bekerja,” imbuhnya.

Sambungnya, keberadaan PSC ini merupakan keharusan, sebab merupakan amanat dari Permenkes No. 19 tahun 2016. Dikatakan juga PSC merupakan penunjang dari smart city, yang nantinya akan dikontrol langsung oleh pimpinan daerah melalui stasiun command center yang dikelola oleh Dinas Kominfo dan Persandian Lotim.

“Inilah fasilitas smart health itu, yang merupakan salah satu komponen dari upaya membangun smart city,” sebutnya dan menyatakan jika PSC ini terkoneksi dengan semua OPD dan instansi lain yang berkaitan dengan kegawatdaruratan, dimana nantinya akan langsung terhubung satu dengan lain dengan sistem command center yang dikelola oleh Dinas Kominfo.

“PSC ini merupakan bridging kita dengan seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Lombok Timur, BPBD, Damkar-mat, dan Kepolisian. Nanti Dinas Kominfo yang punya wewenang sebagai jembatan melalui command center,” tandasnya.

Dari itu diingatkan dr. Tantowi agar masyarakat segera mengunduh aplikasi PSC 119, agar fasilitas itu dapat maksimal dimanfaatkan dan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Lotim. “Segera diunduh, karena di situ banyak sekali layanan kegawatdaruratan bagi masyarakat,” pesannya.

Turut hadir dalam acara peresmian itu Bupati Lotim, Sukiman Azmy, Anggota DPRD Provinsi NTB, R. Dian Soedjono, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Kepala Dinas Perhubungan serta pejabat lain dan tamu undangan. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT