oleh

Peringati Hari Ibu, Kudsiah Rumaksi Ziarah ke Makam Ulama

banner 300500

Peringatan hari ibu tahun ini diperingati oleh GOW Lotim dengan ziarah ke makam ulama dan tokoh kharismatik Lotim, yang telah berkontribusi nyata dalam pembangunan masyarakat.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lombok Timur, Hj Kudsiah Rumaksi memperingati hari ibu dengan melakukan ziarah dan silaturahmi ke makam ulama dan tokoh masyarakat dan keluarganya yang telah berkontribusi besar bagi pembangunan dan perkembangan masyarakat Lombok Timur.

Rombongan Kudsiah Rumaksi memulai ziarah dan silaturahminya ke makam dr. Raden Soedjono di Desa Tetebatu, di tempat itu, dirinya disambut hangat oleh keluarga besar Raden Soedjono, setelah beberapa lama di situ, Kudsiah Rumaksi melanjutkan ziarah dan silaturahminya ke makam pahlawan nasional, yang juga ulama kharismatik pendiri organisasi Islam terbesar di NTB yakni Nahdlatul Wathan, TGKH Zainuddin Abdul Madjid, Pancor.

Kudsiah Rumaksi berserta rombongan, langsung disambut oleh istri dari Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain (YPH PPD) NWDI Pancor, Ny. Djamaluddin. Di makam TGKH Zainuddin Abdul Madjid, rombongan GOW, langsung menggelar zikir dan doa, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara sang pahlawan nasional.

Seusai di tempat itu, rombongan yang dipimpin oleh Kudsiah Rumaksi kemudian langsung beranjak ke makam ulama kharismatik lainnya, yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru TGH Mutawali Sibawaihi.

Di titik ketiga itu, Kudsiah Rumaksi langsung disambut oleh istri, anak dan cucu dari almarhum TGH Mutawali Sibawaihi. Prosesi zikir dan doa pun dilaksanakan dengan khidmat di depan makam ulama yang menyiarkan tarekat qhadariah itu.

Dalam kesempatan itu, Kudsiah Rumaksi menyatakan, dirinya merefleksikan peringatan hari ibu tahun ini dengan melakukan ziarah pada makam ulama dan tokoh kharismatik karena beberapa alasan, salah satunya agar semangat pengabdian dan pengorbanan yang telah ditelurkan oleh generasi sebelumnya dalam membangun masyarakat dapat diserap, dan dipraktekkan kembali olehnya, dalam mengabdikan diri bagi masyarakat Lombok Timur.

“Peringatan hari ibu tahun ini kami lakukan dengan ziarah makam. Ini kami laksanakan, agar semangat dan pengorbanan beliau terdahulu dalam membangun masyarakat dapat kami serap dan terapkan kembali dalam mengabdikan diri kepada masyarakat Lombok Timur,” jelasnya.

Setelah prosesi ziarah selesai, Kudsiah Rumaksi sembari menggendong cucu dari almarhum TGH Mutawali Sibawaihi lakukan foto bersama dengan istri almarhum TGH Mutawali Sibawaihi di depan kompleks pemakaman. (Pin)