oleh

Kekebalan Kelompok Masyarakat di Lotim Semakin Nyata Terbentuk

banner 300500

Kekebalan kelompok masyarakat di Lotim ditargetkan akan semakin cepat tercapai, dari itu Dinas Kesehatan Lotim telah membuat rodmap untuk mempercepat realisasi itu.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Pelaksanaan vaksinasi untuk terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok, red) di Lombok Timur semakin progres, hal itu dikatakan oleh Kepala Seksi Surveilance, Epidemiologi, Imunisasi dan Kesehatan Bencana pada bidang P3KL, Dinas Kesehatan Lotim, Sinawan. Menurut dia untuk vaksinasi tahap pertama per 7 September telah menyasar 1.31,629 orang atau 13,82 persen, tahap kedua 59.838 orang atau 6,28 persen, di mana saat ini target vaksinasi pun sudah mulai menyasar ke masyarakat umum.

“Kita sudah mulai jalani vaksin dengan sasaran masyarakat umum dan beresiko termasuk remaja dan ibu hamil,” katanya Rabu (08/09/2021).

Masih kata dia, saat ini pun vaksinasi tahap ketiga untuk tenaga kesehatan sudah mulai dilakukan, bahkan telah melalui setengah dari target Nakes yang menjadi prioritas dan ditargetkan dalam dua pekan kedepan akan menjadi target. “Nakes di Lotim yang udah dapat dosis ketiga targetnya 5.316 orang dan 3.070 orang per tanggal 7 September sudah divaksin,” imbuhnya.

Lanjut dia, Dinas Kesehatan Lotim pun telah membuat roodmap terkait dengan realisasi sasaran vaksinasi 70 persen dari total populasi Lotim, guna mewujudkan herd immunity, di mana persentase itu akan bisa dicapai 12 bulan terhitung dari tanggal 7 September 2021.

“Total jumlah jiwa 925.472 orang atau sekitar 70 persen untuk membentuk herd immunity, kita realistis bisa mencapai itu,” paparnya.

Dirinya juga mengatakan sejauh ini distribusi vaksin dari provinsi untuk Lotim mulai lancar, dan hal itu semakin meyakinkan Dinas Kesehatan untuk mencapai target vaksinasi sesuai rodmap yang telah ditetapkan.

“Sekarang mulai lancar untuk droping vaksin dari provinsi dan kami masih menunggu instruksi dari pusat,” tandasnya. (Pin)

BERITA TERKAIT