oleh

Hindari Covid-19, Pemda Lotim Gratiskan Pendaftar CASN Rapid Antigen

banner 300500

Pemda Lotim akan berikan layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh Pendaftar CASN 2021. Bagi pendaftar yang terpapar Covid-19 akan diberikan waktu ujian susulan, sesuai juknis Panselnas.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lombok Timur, Salmun Rahman mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan pelaksanaan tes CAT bagi pendaftar CASN 2021 sesuai dengan petunjuk teknis dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), utamanya terkait dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat, salah satunya dengan memberikan layanan rapid test antigen gratis bagi pendaftar.

“Dinas kesehatan akan memfasilitasi peserta pendaftar CASN 2021 untuk melakukan rapid test antigen secara gratis bagi 8.454 orang, dengan rincian PPPK Guru 5.250, PPPK Non-Guru 384 dan CPNS 2.824 orang,” katanya, (30/08/2021).

Masih kata dia, syarat bagi para pendaftar CASN agar bisa mengakses layanan itu, cukup dengan memperlihatkan kartu peserta kepada petugas kesehatan, di mana dikatakan dia, rapid test antigen harus dilakukan satu hari menjelang pelaksanaan CAT.

“Masa berlaku hasil rapid test antigen itu 1X24 jam. Jadi peserta harus rapid antigen H-1 menjelang pelaksanaan CAT,” imbuhnya.

Masih lanjutnya, jika terdapat peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka peserta itu akan dikarantina, dan akan mengikuti tes CAT susulan yang telah diskemakan oleh Panselnas. “Akan ada ujian susulan bagi mereka, kita berharap itu tidak ada,” harapnya dan menyatakan jika nantinya pelaksanaan ujian CAT dilakukan di beberapa tempat dengan pembagian sesi pelaksanaan guna menghindari kerumunan.

” Untuk tes CAT PPPK Non-Guru dan CPNS di sini, sementara untuk PPPK Guru itu diatur oleh Kemendikbud dan Ristek, infonya akan dilakukan di 6 titik,” paparnya.

Terkait dengan layanan rapid test antigen itu, Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Pathurahman memastikan itu akan dilakukan maksimal, di mana saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan-persiapan, namun tetap mengacu pada jadwal pelaksanaan CAT peserta.

Dijelaskan dia, pihaknya juga memastikan layanan rapid test antigen bisa diakses mudah, dari itu ada kemungkinan rapid test antigen dilakukan di setiap puskesmas dan atau di sekitaran Kota Selong guna memudahkan pendaftar yang berasal dari luar daerah.

“Rapid antigen dilakukan di puskesmas-puskesmas ataupun nanti di sekitar Kota Selong sesuai dengan jadwalnya,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT