oleh

DPMD Harap Bakal Calon Kades yang Gugur Seleksi Legowo

banner 300500

DPMD Lotim lakukan seleksi terhadap 71 bakal calon Kades dari 11 desa yang bakal calonnya lebih dari 5. Diharapkan para bakal calon yang gugur legowo dan tetap solid dalam menjaga kondusivitas menjelang pelaksanaan Pilkades mendatang.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Timur, M. Khairi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dalam aturan, tertuang jumlah peserta Pilkades minimal dua orang dan maksimal lima orang. Sedangkan dari 29 desa di Lotim yang melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2021, tercatat 11 desa dengan jumlah pendaftar melebihi lima orang.

“Misalnya di Desa Kotaraja pendaftarnya 9 orang, jadi harus diseleksi dan diambil 5 orang,” terangnya.

Dalam tes akademik ini, lanjutnya, terdapat lima variabel penilaian, diantaranya dukungan lima persen, pengalaman kerja, usia, ijazah dan penilaian dalam tes akademik ini sendiri. Tes akademik ini terdiri dari 50 soal, durasi waktu 60 menit dengan materi soal berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

“Nanti hasil tes ini digabung dan dilakukan perangkingan. Hasilnya transparan dan diterima langsung oleh panitia Pilkades tingkat desa hari ini (kemarin, red),” ungkapnya.

Sedangkan untuk pemungutan suara sendiri dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2021. Khairi mengharapkan supaya masyarakat tetap menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini. Pelaksanaan yang baik, katanya, tentu akan melahirkan kepala desa yang baik dan berkualitas dalam membangun desanya masing-masing. (Cr-Pin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT