oleh

Ada Kandidat Tolak Hasil Pilkades, Tim Sengketa Siap Bertindak

banner 300500

Logistik Pilkades serentak telah terdistribusi. Jika terdapat kandidat yang keberatan atas hasil Pilkades, maka diberikan waktu 3 hari bagi kandidat itu untuk melayangkan keberatan, dan akan ditindaklanjuti oleh tim sengketa yang telah dibentuk.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Timur, Lukman Nul Hakim menyatakan logistik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan didistribusi pada tanggal 27/07 (hari ini, red), oleh Panitia Pilkades tingkat desa.

“Logistik disalurkan pada tanggal 27. Dan itu dilakukan oleh panitia desa,” katanya kemarin, (26/07/2021).

Disampaikan dia juga, terkait dengan pencetakan kartu suara langsung dilakukan oleh panitia tingkat desa. Dirinya juga menyatakan bagi warga yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka bisa melakukan pencoblosan dengan menggunakan KTP, dengan catatan memiliki surat keterangan dari desa.

“Pemilih yang mengunakan KTP diberikan waktu hak pilih. Tapi dengan catatan dia harus mencoblos di TPS sesuai dengan alamat di KTP,” terangnya.

Disampaikan dia juga, jika terdapat kandidat yang keberatan atas hasil Pilkades, maka telah diberikan waktu maksimal 3 hari setelah Pilkades untuk menyampaikan keberatannya. Dimana dikatakan dia, telah dibentuk dan ditetapkan tim sengketa oleh Bupati untuk menindaklanjuti bila terjadi hal tersebut.

“Bawa surat keberatan dan mencantumkan apa poin keberatannya dari pelaksanaan Pilkades itu. Tim sengketa itu terdiri dari akademisi, pihak kejaksaan dan Bagian Hukum Pemda,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT