oleh

Cegah Covid-19, Gema Selaparang Blusukan Bagikan Masker Gratis

banner 300500

Aksi sosial Gema Selaparang membagikan masker gratis sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarkat sebagai upaya pencegahan Covid-19.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat. co. id – Gema Selaparang membagikan masker secara gratis kepada masyarakat di Kecamatan Sambelia sebagai bentuk kepedulian untuk ikut memotong rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Ketua Gema Selaparang,  M. Ahdar Aryasuta,  S.E., menuturkan bahwa selain membagikan masker, pihaknya juga melakukan edukasi agar  masyarakat tidak panic dan tetap waspada.

“Kami bersama tim melakukan aksi sosial dengan blusukan atau turun lapangan di Kecamatan Sambelia Lombok Timur. Aksi sosial ini menyasar empat desa di Kecamatan Sambelia, yakni Desa Senanggalih, Desa Sambelia, Desa Bagik Manis dan Desa Sugian. Aksi seperti ini juga nanti akan di lanjutkan ke wilayah Kecamatan Wanasaba dan Aik Mel,” ujar Ahdar.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Gema Selaparang bersama para relawan dari pemuda Sambelia yang dikoordinir oleh kordinator lapangan Samsul Hadi.

Samsul Hadi mengatakan, gerakan sosial ini terinisiasi sebagai bentuk kepedulian Gema Selaparang terhadap masyarakat di Kabupaten Lombok Timur terkait merebaknya Covid-19 ini.

“Masyarakat harus di berikan pemahaman bagaimana pencegahan Virus Corona yakni dengan memutus rantainya dengan berbagai langkah yang mudah dilakukan oleh masyarakat,” kata Samsul.

Ia menambahkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yakni dengan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, hindari kontak dengan orang terlalu dekat dengan social distancing, minum vitamin, makan-makanan bergizi, berolahraga dan apabila bersin atau batuk ditutup dengan masker atau dengan siku.

“Ini sebagai bentuk kerja nyata Gema Selaparang dalam membantu masyarakat untuk mengedukasi warga dan memberikan penyuluhan terkait Covid-19. Edukasi ini penting bagi mereka agar mau mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” pungkasnya.

Gerakan sosial ini disambut baik dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Adalah Sugita Jiwantara, Sekretaris Desa (Sekdes) Senanggalih ini menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif dan menginspirasi pihak Pemerintah Desa. Gebrakan awal ini selanjutnya akan menjadi contoh dan menjadi perhatian Pemdes untuk memberi penyuluhan lanjutan tentang Covid-19 kepada masyarakat.

“Kami dari pemerintah desa sangat berterimakasih atas dukungan Gema Selaparang dalam memberikan edukasi yang sangat membantu masyarakat. Semoga hal ini membuat warga kami memahami dan saling menjaga pola hidup bersih dan sehat, demi mencegah penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19 ini,” tutup Sugita.  (Cr-09)

BERITA TERKAIT