oleh

Baznas Lotim akan Beri Dana Simultan Bagi TPQ

banner 300500

Baznas Lotim akan lakukan verifikasi faktual bagi 255 TPQ. Bagi TPQ yang dinyatakan lolos, akan diberikan dana simultan Rp. 1 juta. Diharapkan setelah diberikan data simultan, eksistensi TPQ dapat bertahan dalam memberikan pembelajaran Al-Qur’an optimal bagi masyarakat.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur telah mengagendakan untuk melakukan verifikasi faktual bagi 255 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang sudah terdaftar. Nantinya bagi TPQ yang dinyatakan lulus verifikasi akan diberikan bantuan operasional, guna optimalisasi jalannya program TPQ.

“Data tahun 2020 ada 255 TPQ, kita akan lakukan verifikasi. Apakah memang betul menjalankan kegiatannya apa tidak, kalau betul kita akan berikan bantuan dana,” kata Direktur Pelaksana Baznas Lotim, Abd. Hayyi, Kamis (29/07/2021).

Masih kata dia, bagi TPQ yang lolos verifikasi, akan diberikan bantuan sebesar Rp. 1 juta per setiap TPQ dan menyatakan sumber bantuan itu berasal dari dana zakat yang telah berhasil dihimpun. “Ini program rutin kita, dan bantuan ini bersumber dari zakat, karena masuk Asnaf Fisabilillah. Pekan pertama di bulan Agustus kita akan distribusi,” jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya pun tidak menutup pintu jika ada TPQ yang belum belum masuk dalam daftar TPQ yang akan diverifikasi oleh pihaknya. Dari itu ia berpesan bagi pengurus TPQ untuk melengkapi syarat dan langsung mengajukan lembaganya ke Baznas.

“Bagi TPQ baru bisa mengajukan surat permohonan, surat domisili dari desa dan dokumentasi kegiatan belajar mengajar, RAB, kalau bisa surat itu minimal mengetahui kepala dusun,” paparnya.

Atas bantuan yang nantinya akan diterima oleh TPQ yang lolos verifikasi, dirinya berharap dana itu dapat menguatkan eksistensi TPQ di tengah masyarakat, agar lebih optimal dalam memberikan pendidikan Al-Qur’an bagi masyarakat.

“Semoga dengan bantuan dari Baznas TPQ bisa eksis dalam mengawal proses pembelajaran Alquran di tengah masyarakat,” tandasnya. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT