oleh

Jika Ada Sengketa, Tahapan Pilkades Dipastikan Tidak Terganggu

banner 300500

Pelaksanaan Pilkades serentak dinyatakan berjalan aman dan lancar. Dikatakan juga bagi kandidat yang keberatan dipersilakan untuk melayangkan nota keberatan. Proses itu tetap berjalan berdasar prosedur, dan tidak menganggu tahapan Pilkades yang telah ditetapkan berdasar Perda.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lombok Timur, M. Hairi menyatakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak berjalan aman dan lancar secara teknis sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan di Perda.

“Pelaksanaan Pilkades serentak alhamdulillah berjalan lancar,” katanya, Kamis (29/07/2021).

Disampaikan dia juga, semua panitia tingkat desa telah melakukan pleno atas hasil dari Pilkades di 29 desa. Tapi hal itu belum bisa dipublikasikan, lantaran diberikan waktu tiga hari setelah pelaksanaan Pilkades bagi kandidat yang kira-kira keberatan atas hasil Pilkades.

“Kita bisa publikasi tiga hari setelah Pilkades, kita berikan ruang dulu tiga hari kalau ada yang keberatan,” ujarnya seraya menyatakan jika setelah panitia tingkat desa selesai pleno kemudian ditetapkan oleh BPD, lalu setelah itu panitia desa melaporkan ke panitia kabupaten.

“Baru nanti setelah kami terima itu, kami akan meneruskannya dalam bentuk penetapan kades terpilih berdasarkan SK Bupati paling lambat 30 hari,” paparnya.

Masih kata dia, jika ada kandidat yang keberatan maka dikatakan dia akan diproses sesuai dengan prosedur oleh panitia kabupaten, dan jika panitia kabupaten tidak bisa menuntaskannya maka akan dilimpahkan ke tim sengketa yang telah dibentuk berdasarkan keputusan Bupati.

“Jika itu terjadi proses keberatan tetap diproses, dan tahapan Pilkades pun tetap berproses sesuai tahapan di Perda. Berjalan di relnya masing-masing,” pungkasnya. (Cr-Pin)