oleh

17 Raperda Disiapkan untuk Penuhi Kebutuhan Hukum Masyarakat di 2021

banner 300500

Untuk memenuhi kebutuhan hukum masyarakat yang responsif. Pemda dan DPRD Lotim menetapkan 17 Raperda prioritas dalam Propemperda 2021.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dalam menyesuaikan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, mendukung percepatan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lombok Timur (Lotim), maka kebijakan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2021 maka disepakati sebanyak 17 Raperda. Dari jumlah tersebut  14  di antaranya berasal dari Eksekutif , dan 3 merupakan Raperda Kumulatif Terbuka.

Hal itu terungkap dalam rapat Paripurna IX masa Sidang II DPRD Lotim dengan agenda persetujuan penetapan Propemperda Lotim Tahun 2021 yang dihadiri Sekretaris Daerah Lotim. Adapun sidang berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Lotim, Jumat (26/02/2021).

Disebutkan 14 Raperda prioritas tersebut salah satunya perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023. Di samping itu sejumlah raperda terkait Perusahaan Daerah, Retribusi Daerah, serta pengendalian dan pengawasan peredaran minuman beralkohol.

Yang juga masuk dalam prioritas adalah Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, manajeman pengelolaan Non-ASN, Perlindungan dan Permberdayaan Nelayan, Pembudidadaya ikan dan Penambak garam, termasuk Perlindungan Pekerja Migran.

Propemperda Lotim Tahun 2021 merupakan jawaban atas dinamika kebutuhan hukum masyarakat Lotim  yang menuntut penciptaan Perda yang responsive terhadap perkembangan sosial,  ekonomi,  budaya,  lingkungan, dan politik di Lotim dengan mengedepankan aspek keadilan, keberpihakan terhadap masyarakat, dan pembangunan yang berkelanjutan. (Cr-Pin).

BERITA TERKAIT