oleh

Bakal Disupervisi, Berikut 5 Instrumen yang Wajib Dikuasai Satuan PAUD

banner 300500

Satuan PAUD di Lotim akan supervisi oleh Badan Akreditasi Nasional. Dari itu diharapkan satuan PAUD menguasai lima instrumen penting.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kegiatan supervisi satuan pendidikan yang akan dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas NTB pada (22/09). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka supervisi lembaga PAUD di Lombok Timur dan ditugaskan langsung kepada 31 orang yang terdiri dari unsur Dikbud Lotim dan organisasi mitra semisal HIMPAUDI, IGTKI dan Forum Komunikasi Pusat Kegaiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM).

Assesor PAUD dan PNF NTB, Usman mengatakan supervisi tetap akan dilaksanakan sekalipun di masa Pandemi Covid-19 karena tuntutan bagi pengelola PAUD untuk melek IT. “Kita harus lakukan karena tanggung jawab kita untuk bisa menjadi melek IT, karena itu tanggung jawab yang harus dilakukan,” katanya, Rabu (22/09/2021).

Lanjut Usman terdapat lima poin yang harus dipahami oleh satuan pendidikan PAUD dalam proses supervisi yang akan dilakukan pihaknya, pertama satuan PAUD harus memahami kebijakan BP-PAUD dan Dikmas NTB tentang Supervisi satuan PAUD dan Dikmas NTB, kedua memahami sistem akreditasi dari BAN-PAUD PNF sebagai upaya penjaminan mutu pendidikan, ketiga memahami pemenuhan dokumen standar nasional pendidikan pada satuan PAUD.

Masih lanjutnya keempat satuan PAUD mesti memahami pemenuhan dokumen standar nasional pendidikan pada Satuan SPNF SKB dan PKBM, dan kelima memahami dan mempraktekkan cara mengubah dokumen hard copy menjadi dokumen soft copy.

“Dalam kegiatan ini, kami yang di tugas kan di lapangan (daerah, red) masing-masing, yang ujungnya adalah peningkatan mutu bagi satuan PAUD dan Dikmas seperti TK/KB, SPS, SKB dan PKBM), satuan PAUD dan Dikmas mampu memenuhi dan melampaui Standar Nasional Pendidikan dan Sebagai bahan Masukan pelaksanaan akreditasi BAN PAUD dan PNF,” imbuhnya.

Sambung dia, instrumen supervisi penjaminan mutu pendidikan bagi satuan SPNF SKB dan PKBM mewujudkan supervisi satuan pendidikan yang lebih unggul dan bermanfaat, dengan tujuannya bagi lembaga satuan-satuan PAUD dan Dikmas mampu memenuhi standar nasional pendidikan. (Pin)

BERITA TERKAIT