oleh

Proyek Swakelola Dinas Pertanian Segera Tuntas

banner 300500

Pengerjaan sumber-sumber air yang dikerjakan secara swakelola oleh kelompok tani di 13 kecamatan ditarget akan segera tuntas.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dinas Pertanian Lombok Timur terus merampungkan pekerjaan sumber-sumber air yang sudah diserahkan di semua kelompok tani.
Menurut Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian L.Fathul kasturi , pekerjaan sumber air yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini dikerjakan secara swakelola oleh masing-masing kelompok tani. Dimana pembagian pengerjaan sumber air ini menyebar pada 13 kecamatan yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, sampai dengan hari ini, pekerjaan sumber air di masing-masing kelompok sudah mencapai 80 persen,” katanya, Kamis (05/08/2021).

Masih kata dia, untuk pengerjaan sumber air, dana yang sudah diberikan ke masing-masing kelompok sebesar 25 persen, namun progres pengerjaan dari dana yang sudah digelontorkan itu sudah mencapai 80 persen. Dengan progres pekerjaan yang sudah 80 persen itu, maka dikatakan dia sudah berhak mengajukan pencairan dana untuk tahap kedua.

“Setelah kita melakukan pencairan tahap kedua ini, kita berharap pengerjaannya mencapai 100 persen,” harapnya.

Lanjutnya, pekerjaan yang sudah mencapai 80 persen dengan dana 25 persen itu maka dia mengatakan optimis pekerjaan itu rampung bulan Agustus ini. “makanya sekarang kita sedang proses untuk pencairan tahap kedua, agar pekerjaannya cepat rampung,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk tahun 2021 ini pekerjaan swakelola yang bersumber dari DAK ini sebarannya merata di 13 kecamatan yang tersebar di 42 kelompok tani sebagai pelaksana swakelola. Adapun jenis kegiatan itu antaranya pembuatan embung, dam parit, sumber air dangkal , dan jalan usaha tani di masing-masing kelompok tani.

“ Yang harus kita banggakan ini, adalah progresnya yang sudah mencapai 80 persen, dan ada yang sudah mencapai 100 persen,” tutup Kasturi. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT