oleh

Perkuat Sinergi Pesantren, LPPD Jatim Datangi Induk Pondok Pesantren NW

banner 300500

 

Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani menerima kunjungan silatirahim dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah (LPPD) Provinsi Jawa Timur di Auditorium Majlis Dakwah Hamzanwadi II, Anjani, Senin (29/11).

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Rombongan LPPD Jatim diterima, Sekretaris Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani, yang juga Ketua Umum PBNW TGKH Muhammad Zainuddin Atsani, para kepala madrasah/sekolah dan pimpinan perguruan tinggi di lingkup ponpes setempat.

Dalam sambutannya, TGKH Muhammad Zainuddin Atsani, menyampaikan luas tanah ponpes ini seluas 24 hektar dengan mengasuh 12 ribu santri dari tingkat TK hingga perguruan tinggi yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan 900 lebih pengasuh.

“Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani, merupakan induk madrasah NW yang bernaung di bawah organisasi Nahdlatul Wathan,” tulisnya.

Untuk program, lanjut Rektor IAIH NW Lotim ini, hampir mirip dengan program pondok pesantren yang ada di Jawa.
Ia juga mengungkapkan penghargaan dan kebahagiaan atas kunjungan shilaturahim ini.

“Momen ini sebagai wujud mempererat hubungan silaturrahim dalam upaya mengokohkan pondasi bernegara dalam bingkai NKRI. Saya berharap dengan kehadiran para tamu ini sesuai dengan kepatuhan,” tegasnya.

Dalam naungan organisasi NW, ada sekitar 1500 pondok pesantren yang tersebar di 32 provinsi se Indonesia.

“Alhamdulillah, pengelolaan pondok pesantren NW mandiri dan swadaya masyarakat,” ujarnya.

Ketua LPPD Provinsi Jawa Timur, Drs KH Abdul Hamid Syarif, dalam sambutannya mengatakan LPPD 2010 menjadi lembaga mitra yang membatu pemerintah Jawa Timur untuk percepatan pengembangan pesantren.

“Pengurus di LPPD ini diisi para kiai dan pimpinan pondok pesantren se Jawa Timur,” jelasnya.

Adapun program dari LPPD, untuk pengembangan pondok pesantren dan peningkatan sumber daya manusia pondok pesantren. Ada juga program pendidikan pesantren Mu’adalah.

“Kami juga menyiapkan program besiswa S2 dan S3 khusus untuk warga Jawa Timur, baik dalam maupun luar negeri,” ungkapnya.

Ia juga mengaku dalam kunjungan ini kiranya ada hal yang bisa kita saling tukar pengalaman dalam pengembangan pondok pesantren.

Kadis Kominfo Provinsi NTB Hudiono, dalam sambutannya menyampaikan salam Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa. Ia mengaku sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari pontren NW di Anjani ini.

“Kami datang bukan sebagai tamu, tapi sebagai keluarga yang ingin menguatkan hubungan shilaturahim,” katanya.

Lanjutnya, Gubernur Jatim sangat peduli dengan pondok pesantren sehingga akan dibuat Perda Pesantren, dengan tujuan agar pesantren berdaya dan mampu meningkatkan sekolah umum dalam berprestasi.

Setelah acara penerimaan, rombongan LPPD melakukan kunjungan ke satuan pendidikan di lingkup Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani, dan berdialog.

Acara penutupan dan penukaran baik dari LPPD Jawa Timur dan pengurus Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani. (*)