oleh

Pengangkut Sampah Terbatas dan TPA Over Kapasitas Jadi Masalah

banner 300500

 

Lombok Timur kekurangan armada pengangkut sampah, di samping juga daya tampung TPA yang over kapasitas. Dari itu diharapkan segera mungkin persoalan itu dapat diperhatikan dan dibenahi.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur saat ini kekurangan armada pengangkut sampah, dan fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang over kapasitas. Padahal luas jangkauan dan tonase volume sampah perkotaan setiap tahun alami peningkatan, mengikuti pertambahan jumlah penduduk.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Dedi Sutarmin. Masih lanjut dia, dengan 12 armada dum truk, 2 unit armada untuk transfer depo yang diawaki oleh 76 personel, jika dibandingkan dengan luasan jangkauan meliputi Kota Selong dan 7 kecamatan penyangga, terbilang tidak seimbang, sehingga sangat dibutuhkan tambahan armada.

“Jumlah armada yang ada sekarang tidak memadai. Kalau saja ditambah 10 armada, maka itu akan cukup membantu kerja dari personelnya,” sebutnya, Kamis (18/11/2021).

Menyikapi itu, pada tahun anggaran 2022, pihaknya telah mengusulkan tambahan armada sebanyak 2 unit dum truk dan 2 roda tiga dan berharap usulan itu dapat disetujui dan ditetapkan. “Karena keuangan daerah kita masih terimbas oleh Covid, kami terpaksa hanya mengusulkan 2 dum truk dan 2 roda tiga,” imbuhnya.

Terkait dengan fasilitas TPA yang saat ini over kapasitas, diakui dia Pemda Lombok Timur telah membebaskan lahan seluas 2,3 Miliar di tahun 2019, namun sampai saat ini masih belum dibangun, karena membutuhkan anggaran yang cukup besar. Tapi, terkait itu dijelaskan dia, telah ada lampu hijau dari kementerian terkait untuk mengalokasikan dana segar pada tahun 2023 untuk membangun fasilitas TPA di lahan seluas 2,3 hektar tersebut.

“Dari pemerintah pusat sudah ada sinyal, kita dapat nanti tahun 2023. Untuk membangun TPA dengan kriteria land life itu membutuhkan 25 Miliar,” ucapnya. (Pin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT