oleh

Cuaca Ekstrem, Iwan Imbau Masyarakat Lotim Tetap Waspada

banner 300500

 

BPBD Lotim imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan atas terjadinya cuaca ekstrem. Kewaspadaan mutlak ditingkatkan guna menghindari timbulnya korban.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, Iwan Setiawan mengimbau kepada masyarakat Lombok Timur baik yang bermukim di pesisir dan perbukitan untuk lebih waspada, karena fenomena cuaca yang sukar diprediksi, yang dibuktikan dengan terjadinya beberapa kasus bencana alam yang tiba-tiba terjadi.

‘’Cuaca ekstrem, seperti hujan dan angin yang belakangan terjadi harus diwaspadai masyarakat. Jangan dianggap remeh, sebab bisa jadi hujan rintik di bagian hilir sesungguhnya pertanda hujan besar di bagian hulu dan hal itu dapat menimbulkan banjir,’’ kata dia di kantornya Minggu petang saat memimpin apel personel (05/12/2021).

Masih kata dia, bagi masyarakat yang bermukim di pesisir pantai agar lebih mewaspadai perubahan gelombang, karena sewaktu-waktu akan mengakibatkan gelombang pasang (banjir rob, red). Begitupun pula, bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai untuk mewaspadai luapan air sungai yang dapat menimbulkan banjir.

‘’Kewaspadaan terhadap gelombang pasang yang bisa saja terjadi sesungguhnya merupakan langkah awal penyelamatan secara dini. Begitupun bagi masyarakat di sekitar aliran sungai untuk lebih waspada,’’ ujarnya.

Sambung dia, kewaspadaan tinggi juga mesti diperhatikan oleh masyarakat yang bermukim di sekitar perbukitan dan atau masyarakat perkotaan yang di sekitar pemukimannya terdapat banyak pohon besar. Karena dengan intensitas hujan yang tinggi, berpotensi mengakibatkan pergeseran tanah dan pohon tumbang yang dapat mengancam jiwa.

“Tentu saja tidak hanya warga di desa yang harus waspada, tetapi penduduk di daerah perkotaan juga harus mewaspadai pohon tumbang dan lainnya. Kalau sejak awal kita lebih mewaspadai perubahan cuaca, maka Insya Allah korban akibat bencana bisa ditekan, walaupun memang adanya korban tidak kita harapkan,’’ ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Iwan juga Pemda Lombok Timur sendiri telah menyiapkan dana tanggap bencana terhadap berbagai kemungkinan bencana alam yang timbul. Di samping tentunya personel gabungan yang siap diterjunkan jika terjadi keadaan darurat atau bencana.

‘’Personel BPBD, berikut Tagana, TNI dan Polri serta semua elemen akan terus berkolaborasi untuk pencegahan dan penanggulangan bencana,’’ tandasnya. (*)