oleh

BPBD Lotim dan BMKG Mataram Adakan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami Mandiri

LOMBOK TIMUR, Corongtakyat.co.id- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Mataram dan BMKG Station Meteorologi Bandara BIZAM bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur (Lotim) menyelenggarakan Kegiatan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami Mandiri serta sosialisasi informasi cuaca bertempat di aula BPBD Lotim

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 90 peserta, terdiri dari unsur BMKG, TNI Polri, para Pimpinan OPD terkait, Basarnas, Personil Kantor SAR Kayangan,FPRB Rinjani, Forum Perguruan Tinggi FPTRB Lombok Timur, Konsepsi sebagai perwakilan NGO, Karyawan dan karyawati BPBD.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lotim Lalu Mulyadi menyampaikan, Kegiatan Sekolah Lapang Gempa ini ditujukan untuk menambah kapasitas para peserta dalam memahami potensi Gempa Bumi dan Tsunami berikut cara-cara penyelamatan dan tindakan pengurangan risiko bencana terhadap dua bencana tesebut.

“Sosialisasi Informasi Cuaca ditujukan untuk menambah kapasitas para peserta terkait bagaimana membaca dan memahami jenis-jenis layanan informasi cuaca yang disajikan BMKG,” katanya. (20/06/2024).

Ia melanjutkan, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana memanfaatkan informasi tersebut dalam upaya mengantisipasi bencana dan untuk keperluan lainnya.

Sementara itu, sebelum kegiatan berakhir dilakukan simulasi berupa Table Top Exercise dimana Simulasi ini bertujuan untuk mengukur dan memantapkan kemampuan BPBD , para Kepala OPD maupun Stakeholder Lainnya dalam pemanfaatan informasi cuaca dalam rangka Mitigasi Bencana maupun bagaimana para stakeholder terkait merespon Bencana Gempa Bumi dan Tsunami secara Mandiri. (Pin)

BERITA TERKAIT