oleh

Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Dinyatakan Gugur

banner 300500

Setelah dinyatakan hilang kontak sesaat mulai bertolak dari Lanal Banyuwangi, KRI Nanggala 402 kemudian dinyatakan tenggelam. Kemudian hari ini dipastikan jika seluruh awak dari KRI Nanggala itu telah gugur, menyusul telah ditemukannya citra otentik bawah laut berupa pecahan dari KRI naas itu.

JAKARTA, Corongrakyat.co.id- Dikutip dari Kompas.com, Minggu (25/04) Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi persnya menyatakan jika seluruh (53, red) awak KRI Nanggala 402 yang dinyatakan hilang kontak, dan selanjutnya dipastikan tenggelam di laut utara Bali telah gugur.

“Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel onboard KRI Nanggala-402 telah gugur.” katanya, Minggu petang (25/04/2021).

Masih kata dia, telah diperoleh citra yang terkonfirmasi merupakan bagian (pecahan, red) dari KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

Dari bukti otentik itu, dirinya menegaskan jika KRI naas itu dinyatakan tenggelam. “Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit tentara terbaik Indonesia,” imbuh dia.

Seperti diketahui sebelumnya, KRI Nanggala 402 beserta 53 awaknya tengah menjalani misi latihan di wilayah perairan Bali Utara setelah bertolak dari Lanal Banyuwangi. Pukul 03.46 Wita, sea rider memonitor periskop dan lampu pengenal dari KRI Nanggala-402 yang perlahan mulai menyelam dan tak terlihat.

Padahal seharusnya, periskop masih tetap muncul. Saat itu KRI Nanggala-402 semestinya meminta otorisasi penembakan, tetapi saat dipanggil, tidak ada jawaban.

Sejak pukul 03.46 Wita itu lah, KRI Nanggala sama sekali tidak memberi respons. Hari itu juga (21/04) pagi, KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang. Penyebabnya, diduga karena black out atau kehilangan daya listrik dan langsung dilakukan pencarian.

Kemudian, Sabtu (24/04), TNI AL menyatakan KRI Nanggala-402 subsunk (tenggelam). Namun, baru hari ini Panglima TNI menyatakan seluruh awak kapal meninggal dunia. (Cr-Pin)

BERITA TERKAIT