LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H Hasni mengatakan Ombudsman RI Perwakilan NTB telah meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Lombok Timur.
Dalam kunjungan itu, terdapat dua rekomendasi Ombudsman RI. Yakni pertama pengadaan sarana keselamatan berupa alat pemadam kebakaran dan kedua penyediaan akses untuk penyandang disabilitas, terutama pada gerai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
“Menjadi catatan itu penyediaan alat pemadam kebakaran dan fasilitas kepada disabilitas,” katanya. Senin (09/09/2024).
Hasni lebih jauh mengatakan, terkait pelayanan kepada disabilitas, pihak Dukcapil lebih mengandalkan sistem jemput bola dalam pelayanan pembuatan identitas kependudukan.
“Jadinya jarang sekali disabilitas yang datang ke MPP, karena banyakan sistem jemput bola,” ujarnya.
Setelah pemantauan tersebut, Hasni mengaku pihaknya masih menunggu hasil penilaian dari Ombudsman RI terkait predikat pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. “Kita masih menunggu hasilnya. Kalau yang tahun-tahun sebelumnya kita dapat predikat hijau,” tandasnya. (**)