oleh

Personel Damkar-mat akan Dilatih BKSDA NTB Tangani Kemunculan Buaya

banner 300500

Dinas Damkar-mat Lotim taruh perhatian besar terkait kemunculan buaya di Labuhan Haji, masyarakat diimbau waspada dan personel Damkar-mat akan dilatih oleh BKSDA dalam penanganan hal serupa.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Pasca munculnya hewan buas berupa buaya muara di sekitaran garis Pantai Labuhan Haji beberapa waktu lalu diatensi serius oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar-mat) Lombok Timur, dengan langsung dilakukannya patroli rutin dan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada pada titik-titik yang kerap terlihatnya buaya.

Kepala Bidang Pencegahan pada Dinas Damkar-mat Lotim, Athar, S.AP menyatakan pihaknya langsung memberi atensi atas kejadian itu, mengingat titik munculnya buaya itu sangat dekat dengan aktivitas masyarakat, terlebih bagi para nelayan dan pedagang, karena lokasi itu juga merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Lotim.

“Beberapa hari lalu memang terjadi kemunculan buaya, langsung kami tanggap, kemudian mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada,” katanya di ruang kerja, Rabu (08/09/2021).

Dikatakan dia, tidak bisa dinafikan juga jika kemunculan buaya tidak hanya di Pantai Labuhan Haji, tapi juga kerap muncul di sepanjang pantai selatan Lotim. Dari itu, ditekankan agar masyarakat tetap harus waspada dan menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama.

“Kita sudah pasang baliho juga guna mengimbau masyarakat untuk selalu waspada di Labuhan Haji,” jelasnya.

Masih kata dia, terkait dengan penanganan buaya itu, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan kepolisian dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB, mengingat buaya adalah salah satu hewan yang dilindungi.

“Kita tetap koordinasi dengan BKSDA. dalam waktu dekat, personel kita juga secara teknis akan dilatih oleh BKSDA dalam penanganan hewan liar,” tandasnya. (Pin)

BERITA TERKAIT