oleh

Perluas Wawasan Kepemudaan, KT Mitra Karya Montong Betok Gelar Diskusi

banner 300500

Kegiatan diskusi kepemudaan yang diselenggarakan karang Taruna Mitra Karya Desa Montong Betok diharapkan bisa memaksimalkan pengetahuan dan peran pemuda dalam membangun Desa dan daerah.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id-Karang Taruna Mitra Karya Desa Montong Betok kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan Diskusi Kebangsaan bertajuk ‘Adakah Peran Pemuda Dalam Pembangunan Desa”. Adapun acara tersebut berlangsung di Aula kantor camat Montong Gading Sabtu (30/1).

Diskusi yang digagas Karang Taruna Mitra Karya Desa Montong Betok ini dihadiri Ketua Karang taruna se-kecamatan Montong Gading, Ketua Forum Kepala Desa Montong Gading, Camat dan Kepala Unit Dinas Pendidikan Montong Gading, Wakil Ketua DPRD Lombok Timur dan Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur.

Dalam sambutannya ketua Karang Taruna Montong Betok Dian Asmara Desa mengatakan, kegiatan diskusi ini diselenggarakan sebagai upaya dalam memaksimalkan pengetahuan dan peran pemuda dalam membangun Desa.

‘Acara diskusi ini di tujukan untuk membuka ruang bagi pemuda kepada pemerintah Desa sehingga arah pembangunan dari Desa itu juga bisa mengakomodir kepentingan pemuda.
Karena ketika pemuda bersuara otomatis akan menyuarakan tentang hati nurani rakyat,” Ulasnya.

Dian menambahkan, ketika pemuda bersuara pemerintah Desa digarapkan memperhatikan keluhan dari pemuda karena karangtaruna ini merupakan salah satu wadah dari sekelompok pemuda yang ada di tingkat Desa yang berfungsi untuk mengekspresikan segala ide dan gagasan untuk di aktual kan dalam aksi yang nyata.

“Ketika pengeluaran anggaran di Desa tidak mampu mengakomodir kebutuhan dari pemuda  maka pemuda juga harus bisa berkreativitas untuk memenuhi kebutuhannya karena tidak selamanya pemuda harus di susui oleh anggaran tetapi juga harus bisa mandiri. Sehingga jiwa -jiwa kewirausahan semestinya harus ditumbuhkan melalui pelatihan yang di lakukan di tingkat Desa,”imbuhnya.

Selaku Tuan Rumah Kepala Desa Montong Betok H. Sukanah SH dalam sambutannya mengatakan, siap mengakomodir keluhan para pemuda untuk menjalin kerjasama membangun Desa melalui pemuda yang kreatif, inovatif dan kompetitif.

Sementara itu dalam Materinya Kabid Pemuda Lombok Timur Saiful Wathon memaparkan, Pemuda tidak bisa dilepaskan dari seluruh proses pembangun, perubahan sehingga dalam mendefinisikan pemuda harus pada sikap kritis konstruktif.

“Tentunya pemuda adalah Bagian penting dalam setiap proses pembangun dan menghadirkan peran pemuda tentu menjadi kebutuhan terutama dalam transformasi pemikiran,” Terangnya.

Lebih jauh saiful mengatakan, dari sisi idealisme pemuda menjadi tolak ukur dalam setiap pembangunan baik di tataran Desa Daerah sampai seterusnya.

“Oleh karena itu, mudahan kegiatan ini menjadi familiar di semua tempat,” Harapnya.

Saiful berharap setiap ada tindakan dari pemuda mengambil peran bagi para pemuda khususnya dalam kegiatan Usaha dengan memberikan stimulus bantuan kepada rekan pemuda dalam bentuk kegiatan kegiatan pelatihan. (Cr-wenk).