oleh

Melalui Himpaudi, Disdukcapil Lotim Gelar Sosialisasi KIA

banner 300500

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lombok Timur mengatakan, Pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA) untuk melindungi hak-hak anak Indonesia agar dapat hidup , tumbuh, dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

LOMBOK TIMUR,Corongrakyat.co.id -Pada Tanggal 18/05 2021 bertempat di Sekertariat Himpaudi Lombok Timur, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur mengadakan acara Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA). Sosialisasi KIA tersebut diikuti oleh puluhan orang peserta yang terdiri dari unsur tenaga pendidik anak usia dini.

Pada kesempatan tersebut, Saiful Azkari Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Lombok Timur menyamapiakan, Dinas Dukcapil sesuai dengan visi nya yakni memeberikan pelayanan yang tertib aturan dan dinamis serta membahagiakan masyarakat terkait dengan admindup. Karena seperti yang diketahui bersama bahwa admendup dan data kependudukan ini sebagaimana di tuangkan dalam undang undang nomor 24 tahun 2013 pada pasal 28 dinyatakan bahwa dokumen dan data kependudukan dipergunakan untuk pelayanan publik, alokasi anggran, perencanan pembangunan dan pencegahan tindak kriminal .

“Dokumen kependudukan ini adalah kebutuhan dasar setiap masyarakat. Dalam rangka ini sesuai dengan kemendagri no. 19 tahun 2018 peningkatan kwalitas layanan maka Dinas Dukcapil tidak hanya memberikan layanan reguler tetapi juga memberikan layanan langsung kepada masyarakat mualai dari kerjasamaa dengan dinas pendidikan dari tingkat Paud sampai perguruan tinggi,” Tutur Saiful.

Saiful menambahkan, Sosialisasi bertujuan untuk mengenalkan Pentingnya KIA untuk melindungi hak-hak anak Indonesia agar dapat hidup , tumbuh, dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. KIA diberikan kepada anak usia 0-17 Tahun kurang 1 hari sebagai identitas resmi yang berlaku secaranasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

”Kami sudah mulai tahun 2019 dan target untuk tahun ini 30% dari jumlah anak. Untuk KIA ini sendiri insyallah akan mulai dari tanggal 24 mei samapai tanggal 28 juni  akan kami terbitkan di tempat baik di lembaga pendidikan anak usia dini dan setelah itu akan berlanjut ke sekolah dasar” Imbuhnya.

Dijelaskan pula manfaat nya  sebagai tanda pengenal bukti diri yang sah untuk persyaratan pendaftaran sekolah yang sah, sebagai pencegahan perdagangan anak minsalkan di bandara kalau anak anak di bawa harus memperlihatkan KAI. Saful juga mengatakan, walaupun bentuknya kecil nanti di dalam kartu Kia itu tercantum lima elemen data yang di bawa ke mana-mana sebagai identitas diri.

“Kami berharap dengan adanya layanan layan ini supaya tuntas dokumen kependdukan yang berada di lingkungan pendidikan anak usia dini  yang dikelola oleh lembaga pendidikan seperti TK,SPA,SPS,TPA. Kemudia nanti kami juga akan mengkordinasikan dengan pihak ke-3 sebagaimana yang telah dilaksnakan oleh kabupaten kota yang lain, anak anak yang memegang KIA itu ketika mau beli buku atau bermain  akan ada diskon. Ini yang akan kami coba upayakan kedepannya,” Paparnya.

Sementara itu Ketua Himpaudi Lombok Timur Usman menyambut baik atas kerjasama yang dijalin dengan Dukcapil. Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu Paud dan PKBM terutama pada anak didik yang Paud dan warga belajar di PKBM yang belum memiliki Akta KIS,KIA dan KK.

“Kami sepakat untuk perbaikan data data kependudukan tersebut jadwalnya di masing masing kecamatan dan langsung jadi di tempat,” Tutur Usman.

Usman yang juga ketua FPKBM Lombok Timur itu mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan kerjasama yang baik, sehingga kedepannya nanti semua Paud dan PKBM tidak ada lagi yang terlambat pada singkron dapodiknya nanti akan lebih baik karena Dukcapil siap membantu.

“Tentu tujuannya tiada lain demi pendidikan yang lebih baik di Lombok Timur terkait masalah data melalui dapodik (Data Pokok Pendidikan). (CR-wenk).