oleh

Disdag bersama Bulog Lotim Terus Gencar Lakukan Operasi Pasar Murah

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id – Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim), melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Lotim, gelar operasi pasar murah bekerjasama dengan Bulog Lotim, di pasar Pokmotong Kecamatan Masbgaik pada. (13/11/2023)

Operasi pasar murah ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kestabilitas harga ditengah harga bahan pokok harganya melonjak. Dengan hadirnya operasi pasar murah dari Pemkab bisa menjadi solusi ditengah masyarakat terutama bahan pokok salah satunya beras.

“Pemerintah hadir ditengah masyarakat, untuk mengetahui secara pasti tentang kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait lonjakan harga, maka harus ada upaya yang efektif mengatasi kondisi ini,” ujar Kepala Dinas Perindag Lotim Mahsin.

Menurutnya, pemerintah pusat dan daerah sudah membangun komitmen kolektif secara serius untuk melakukan pengendalian agar tidak terjadi inflasi, termasuk Lombok Timur. Salah satunya pengawasan stok bapokting tidak boleh berkurang or limit, pengawasan harga, melakukan SPHP or stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Sehingga salah satu upaya dari pemkab untuk menjaga kestabilitas agar tidak terjadi inflasi dan kesabilan haraga ditengah masyarakt dengan melakukan operasi pasar murah, dan gerakan pangan murah dan lain sebagainya.

“Kita akan terus melakukan kegiatan ini, agar supaya harga bahan pokok bisa stabil ditengah masyarakat,” “terangnya.

Dikatakanya, untuk mengatasi persoalan ini pihak Pemkab Lotim, melalui tim pengendali Inflasi Daerah (TPID) sesuai direktif pemerintah pusat melaui kemendagri secara inten melakukan berbagai hal penting mendukung keberhasilan pengendalian Inflasi.

Dispridag Lotim sebagai OPD teknis dalam mengantisipasi motor pengerak dalam mengatasi lonjakan harga bahan pokok ditengah-tengah masyarakat baik distributor haruss rasional dan terkendali, sehingga harga di pasar terawasi dengan baik. Maka harus terus mencari solusi dan upaya, baik ketersedian maupun kesetabilan harga bahan pokok ditengan masyarakat.

“Sejak geliatnya harga bahan pangan, pemkab Lotim melalui Disdag melakukan kerjasama dengan Bulog untuk gelar operasi pasar yang terjadwal dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, Pihak Pemkab melaui Disdag memberi edukasi bahwa begitu pentingnya bahan pokok pangan, sehingga masyarakat yang memiliki lahan pertanian produktif agar kembali untuk terus melakukan penanaman padi. Termasuk pihaknya juga terus berupaya untuk datangkan bahan pokok lainya, sehingga dapat dijanggkau oleh masyarakat.

“Kita harap yang punya lahan pertanian agar kembali melakukan penanaman padi dan kebutuhan pokok lainnya sebagaimana mestinya,” tandasnya. (SNR)