oleh

Dekopinda Lotim Resmi Dinahkodai Om Epol, Berikut Rencananya!

banner 300500

 

Pengurus Dekopinda Lotim resmi dikukuhkan. Dicanangkan, Dekopinda bakal menjadi jembatan bagi koperasi di Lotim untuk bermitra dengan semua pihak, agar koperasi bisa berjaya di Gumi Patuh Karya.

LOMBOK TIMUR, Corongrakyat.co.id- Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lombok Timur resmi dilantik. Dekopin sendiri digadang-gadang bakal berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi.

Saepul Hak Asry yang resmi didaulat sebagai Ketua Dekopinda Lotim, menyatakan kedepan Dekopin akan memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi.

“Dekopin akan menjadi terdepan dalam memperjuangkan gerakan koperasi dan menjadi penyalur aspirasi dan menjadi mitra pemerintah dalam membangun koperasi,” katanya seusai pelantikan di Wisma Soedjono Tetebatu, Sabtu (25/09/2021).

Sambungnya, semua itu mengacu pada UU No. 25 Tahun 1992 tentang koperasi, khususnya di pasal 58 yang menyatakan Dekopin bertugas memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi koperasi serta meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat, dengan melakukan kegiatan penerangan, penyampaian informasi, penerbitan dan pembinaan kelompok usaha dalam masyarakat untuk diarahkan menjadi koperasi.

“Nanti kita juga akan melakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat serta mengembangkan kerja sama antar koperasi, dan antara koperasi dan dengan badan usaha lain,” paparnya.

Masih kata Om Epol sapaan akrabnya, Dekopinda Lotim akan segera melakukan koordinasi dengan semua ketua koperasi yang ada di Lotim karena dalam sistem di lembaga ini tidak boleh hanya memberikan on job training saja, tapi sesuai dengan tiga tupoksi yang sudah disebutkan dalam UU tentang koperasi.

“Nanti merekalah yang menjemput bola, tapi nanti kami yang akan memberikan jalan atau memfasilitasi, agar koperasi-koperasi kita di Lombok Timur bisa maju dan berkembang” ucapnya

Tak hanya itu ia juga mengatakan akan melakukan beberapa upaya dengan sistem jemput bola, di beberapa bidang koperasi yang ada di Lotim, baik pada bidang peternakan dan pertanian. “Kita akan coba sistem jemput bola baik koperasi yang bergerak di tembako, sapi dan beberapa bidang usaha koperasi lainnya,” tandasnya

Lanjut dia, pihaknya akan segera merapikan kepengurusan dari tingkat desa sampai dengan tingkat kecamatan agar koordinasi di tingkat bawah terbangun dengan baik, sehingga program-program yang akan dikerjakan bisa dirasakan sampai bawah.

“Nanti kita juga akan turun ke bumdes-bumdes yang ada di setiap desa yang menanungi koperasi, menurut data ada sekitar 300 yang sehat nanti ini yang akan kita bantu,” ucapnya

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk koperasi-koperasi yang sehat yang ada di desa akan dibantu untuk melakukan kerjasama dengan bumdes. “Kita berharap kedepannya terjalin koordinasi dan kerjasama yang baik antar semua koperasi yang ada di Kabupaten Lombok Timur dan sehingga roda perekonomian di Desa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Acara pelantikan kepengurusan Dekopinda Lotim itu sendiri dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dekopinda RI, Nurdin Khalid, Wakil Bupati Lotim, H. Rumaksi SJ, S.H Wakil DPRD Lotim, H. Daeng Paelori, jajaran Kepala OPD terkait lingkup Pemda Lotim dan tamu undangan dari beberapa unsur di Lotim. (Pin)